PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Erlin Nurlaeli, sutirman sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar; (2) penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar; (3) lingkungan belajar dan penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, Klaten, dengan 28 responden. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul dengan jumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: (1) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 48,2%. (2) penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar  sebesar 28,2%. (3) lingkungan belajar dan penggunaan metode mengajar terhadap motivasi belajar sebesar 50,2%.

 

Kata kunci: lingkungan belajar, metode mengajar, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Darwyan Syah, dkk. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama

Islam. Jakarta: Gaung Persada Press

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haris Mujiman. (2009). Manajemem Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter