PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR KECAMATAN WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO

Fitriana Fitriana, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan menggunakan rumus korelasi Pearson’s Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo mengacu pada standar pelayanan. Pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Wadaslintang Kabupaten diukur dari masing-masing indikator berikut: prosedur pelayanan dikategorikan jelas dengan perolehan persentase sebesar 81%, waktu penyelesaian pelayanan dikategorikan cepat dengan perolehan persentase sebesar 68%, biaya pelayanan dikategorikan wajar dengan perolehan persentase sebesar 65%, produk pelayanan dikategorikan baik dengan perolehan persentase sebesar 79%, sarana dan prasarana pelayanan dikategorikan cukup baik dengan perolehan persentase sebesar 62%, kompetensi petugas pemberi pelayanan dikategorikan cukup baik dengan perolehan persentase sebesar 68%. Secara keseluruhan pelaksanaan standar pelayanan masih belum optimal dikarenakan masih ada indikator pelayanan yang masih berada pada kategori cukup. Indikator pelaksanaan pelayanan yang masih belum terlaksana dengan baik yaitu sarana dan prasarana pelayanan serta kompetensi petugas pemberi pelayanan.


Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Ismanto S. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Mukarom, Z dan Muhibudin W.L. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Prabowo, A. (2017). Keluhan Masyarakat Jateng Soal Pelayanan Publik Meningkat. (http://jatengtoday.com/2017-keluhan-masyarakat-jateng-soal-pelayanan-publik-meningkat-6269). Diakses pada tanggal 10 februari 2018 pukul 11.00 WIB.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Vijayakanth, M.C., Harirao, A.N., & Kumar, A.N.S. (2014). Customer Satisfaction through Service Quality in Public Service (Volvo Buses) Compared with Private and Government Operators across Karnataka. International Journal of Emerging Research in Management &Technology ISSN: 2278-9359 (Volume-3, Issue-5).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter