PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PREZI DAN POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KORESPONDENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Isna Sholikhatun, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar korespondensi antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi prezi dan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan bentuk desain nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul berjumlah 64 siswa yang juga dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment dan untuk uji coba instrumen tes hasil belajar dilakukan pada 32 siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1 Depok. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis uji-t (t-test). Hasil analisis data selisih pretest dan posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar korespondensi yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi prezi dan siswa yang diajar  dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran aplikasi prezi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan aplikasi prezi. Hal tersebut berdasarkan nilai thitung = 1,942 lebih besar dari ttabel = 1,669 (thitung ˃ ttabel) dan nilai signifikansi 0,035 lebih kecil dari 0,05 (0,035 ˂ 0,05).


Full Text:

PDF

References


Embi, Muhammad. (2011). Aplikasi Web 2.0 dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Selangor: Universitas Kebangsaan Selangor.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kustandi, C & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Perron, Brian E & Stearns, Alyson G. (2010). A Review of A Presentation Technology: Prezi. Journal of Research on Social Work Practice. Diakses Selasa, 20 Februari 2018. Pukul 20.45 WIB.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

White, Nicole L. (2011). Prezi V. PowerPoint: Finding the Right Tool For the Job. New York: State University of New York Institute of Technology. Diakses Selasa, 20 Februari 2018. Pukul 20.30 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter