PERAN HUMAS DALAM MEBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA

Danisa Maharani Saleh, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat di Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta dan hambatan-hambatan dari pelaksanaan peran humas di Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu Kepala Bidang Komunikasi Publik dan 2 orang Pranata Humas Seksi Hubungan Masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas di Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta sebagai berikut: (1) Peran humas sebagai penghubung komunikasi antara organisasi dengan masyarakat yaitu: penyampaian informasi kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta, kegiatan Pemerintah Kota Yogyakarta, laporan keuangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), himbauan-himbauan wabah penyakit, pencapaian atau prestasi Kota Yogyakarta, serta informasi darurat bencana di Yogyakarta yang ditujukan kepada masyarakat. (2) Peran humas sebagai pembina hubungan antara organisasi yang diwakilinya dilakukan dengan kerjasama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan rekan media wartawan. (3) Peran humas sebagai pendukung fungsi manajemen organisasi yaitu humas menjalankan kegiatan melakukan proses penemuan fakta (fact finding) dan proses pengkomunikasian (communicating) untuk dijadikan bahan pertimbangan kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta. (4) Peran humas sebagai pembangun citra positif organisasi yaitu dengan memberikan pelayanan secara terbuka kepada masyarakat. Hambatan humas yaitu (1) Terbatasnya jumlah sumber daya manusia (SDM) humas. (2) Humas kurang dalam melakukan koordinasi kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait. (3) Proses penyelesaian keluhan lama (2-3 hari) untuk terselesaikan.


Full Text:

PDF

References


Coulson, Thomas Collin. 2002. Public Relations: Pedoman Praktis Untuk Humas. Jakarta: Bumi Aksara..

Danandjaja. 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fariani, S.R dan Aryanto, W. 2009. Panduan Praktisi PR. Jakarta: Alex Media Komputindo..

Irianta, Y dan Surachman, Y. 2006. Public Relation Writing Pendekatan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Terjemahan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kusumastuti, F. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Linggar Anggoro, M. 2005. Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi Aksara

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rachmadi, F. 1996. Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, R. 2002. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Edisi Revisi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter