PERKEMBANGAN PERIKLANAN DI SURAT KABAR BERNAS TAHUN 1967-1998.
Abstract
Periklanan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat pada masa
Orde Baru. Pada masa pemerintahan Orde Baru terdapat berbagai kebijakan-
kebijakan yang sangat mempengaruhi terhadap industri periklanan di Indonesia.
Kebijakan tersebut secara langsung memberi dampak terhadap periklanan
nasional maupun lokal. Periklanan lokal seperti di Yogyakarta juga terpengaruh
dampak dari kebijakan-kebijakan pemerintah Orde Baru saat itu. Kebijakan-
kebijakan tersebut juga berdampak terhadap perkembangan periklanan di
Yogyakarta khususnya surat kabar Bernas. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini
adalah untuk merekontruksi sejarah periklanan di Yogyakarta. Selain itu juga
untuk mengetahui perkembangan jenis iklan di surat kabar Bernas dan dampak
yang ditimbulkan dari kebijakan pemerintah Orde Baru Saat itu khususnya di
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis, dengan tahap-tahap
sebagai berikut, pertama, tahap heuristik dengan melakukan pencarian
menemukan dan menghimpun jejak-jejak dari peristiwa masa lampau terhadap
sumber-sumber sejarah. Kedua, tahap kritik sumber merupakan tahapan untuk
memperoleh keotentikan dan kredibilitas dari sumber-sumber sejarah yang telah
dihimpun. Ketiga, tahap interpretasi dengan mencari pengertian dan keterkaitan
dari berbagai fakta-fakta yang mendukung terjadinya suatu peristiwa
sejarah.Keempat, tahap historiografi sebagai upaya untuk melakukan pemaparan
hasil penelitian yang dihasilkan.
Dari kajian yang telah dilakukan, periklanan di Indonesia bermula dari
datangnya bangsa Belanda ke Indonesia yang kemudian mengawali cikal bakal
tumbuhnya industri media di Indonesia. Perkembangan jenis dan jumlah iklan di surat
kabar Bernas banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi masyarakat
Yogyakarta saat itu yang mayoritasnya bekerja di sektor industri. Kebijakan
pemerintah yang menerapkan UUPMA, pelarangan iklan di Televisi Republik
Indonesia, dan kebijakan perijinan beroperasinya kembali televisi-televisi swasta
juga mempengaruhi jumlah porsi dan jenis dari pemasangan iklan di surat kabar
ini.
Kata Kunci: Periklanan, Surat Kabar, Bernas.
Orde Baru. Pada masa pemerintahan Orde Baru terdapat berbagai kebijakan-
kebijakan yang sangat mempengaruhi terhadap industri periklanan di Indonesia.
Kebijakan tersebut secara langsung memberi dampak terhadap periklanan
nasional maupun lokal. Periklanan lokal seperti di Yogyakarta juga terpengaruh
dampak dari kebijakan-kebijakan pemerintah Orde Baru saat itu. Kebijakan-
kebijakan tersebut juga berdampak terhadap perkembangan periklanan di
Yogyakarta khususnya surat kabar Bernas. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini
adalah untuk merekontruksi sejarah periklanan di Yogyakarta. Selain itu juga
untuk mengetahui perkembangan jenis iklan di surat kabar Bernas dan dampak
yang ditimbulkan dari kebijakan pemerintah Orde Baru Saat itu khususnya di
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis, dengan tahap-tahap
sebagai berikut, pertama, tahap heuristik dengan melakukan pencarian
menemukan dan menghimpun jejak-jejak dari peristiwa masa lampau terhadap
sumber-sumber sejarah. Kedua, tahap kritik sumber merupakan tahapan untuk
memperoleh keotentikan dan kredibilitas dari sumber-sumber sejarah yang telah
dihimpun. Ketiga, tahap interpretasi dengan mencari pengertian dan keterkaitan
dari berbagai fakta-fakta yang mendukung terjadinya suatu peristiwa
sejarah.Keempat, tahap historiografi sebagai upaya untuk melakukan pemaparan
hasil penelitian yang dihasilkan.
Dari kajian yang telah dilakukan, periklanan di Indonesia bermula dari
datangnya bangsa Belanda ke Indonesia yang kemudian mengawali cikal bakal
tumbuhnya industri media di Indonesia. Perkembangan jenis dan jumlah iklan di surat
kabar Bernas banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi masyarakat
Yogyakarta saat itu yang mayoritasnya bekerja di sektor industri. Kebijakan
pemerintah yang menerapkan UUPMA, pelarangan iklan di Televisi Republik
Indonesia, dan kebijakan perijinan beroperasinya kembali televisi-televisi swasta
juga mempengaruhi jumlah porsi dan jenis dari pemasangan iklan di surat kabar
ini.
Kata Kunci: Periklanan, Surat Kabar, Bernas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.