PERKEMBANGAN KWEEKSCHOOL (SEKOLAH GURU) DI YOGYAKARTA TAHUN 1900-1927
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Yogyakarta secara umum, menjelaskan latar belakang didirikannya Kweekschool, serta pengaruh adanya Kweekschool bagi masyarakat Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah kritis yaitu, heuristik,verifikasi, interpretasi, dan historiografi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal tahun 1900 Yogyakarta mengenal pendidikan namun belum semua rakyat bisa turut bersekolah, hanya orang tertentu. Sekolah guru ini menciptakan tenaga didik yang nantinya akan menjadi guru di sekolah-sekolah tersebut. Mengingat pada saat pemerintah Hindia Belanda membutuhkan tenaga kerja dengan bayaran murah maka banyak didirikan sekolah.Hal itu tentunya perlu diimbangi dengan adanya tenaga guru yang cukup ahli dan berkompeten untuk mampu meberikan wawasan yang luas kepada para muridnya.Sekolah kejuruan pun sudah mulai dibuka untuk memenuhi lowongan pekerjaan pemerintah. Sekolah ini dibuka sesuai kemampuan dan minat. Pengaruh Kweekschool bagi masyarakat Yogyakarta memberikan ide atau gagasan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan Hindia Belanda.
Kata Kunci: Guru, Kweekschool, Yogyakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.