TIKTOK IN COLLEGE PROMOTION: A CASE STUDY OF POPULAR COLLEGE TIKTOK ACCOUNTS IN YOGYAKARTA
Ratna Ekawati,
Universitas Negeri Yogyakarta Gilang Jiwana Adikara,
Universitas Negeri Yogyakarta Eko Prasetyo Nugroho Saputro,
Universitas Negeri Yogyakarta Nabila Ikrima,
Universitas Negeri Yogyakarta
Popularitas TikTok membuat aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga sebagai alat promosi yang efektif. Fitur-fitur yang ada di TikTok mampu menciptakan tren viral yang menjadikannya sebagai pilihan pemasaran yang potensial karena dapat melibatkan pengguna secara langsung dan memberikan dampak yang lebih besar. Selain banyak digunakan oleh lembaga bisnis, TikTok juga digunakan oleh lembaga pendidikan. Banyak perguruan tinggi dan universitas yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan mahasiswa, mengunggah konten yang berhubungan dengan kehidupan kampus, kegiatan mahasiswa, dan memperbarui informasi terkini. Penggunaan TikTok oleh lembaga pendidikan membantu menciptakan hubungan yang lebih dekat dan lebih personal dengan civitas akademika. Tren tersebut menarik karena setiap perguruan tinggi memiliki strategi yang berbeda dalam memanfaatkan konten TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya konten TikTok di berbagai perguruan tinggi dan mengukur efektivitas strategi tersebut berdasarkan tingkat keterlibatan yang diperoleh oleh setiap akun TikTok perguruan tinggi yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten kualitatif. di Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Atmajaya dan Universitas Amikom.
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.