STRATEGI KOMUNIKASI PDAM TIRTANADI DALAM PELAYANAN PROGRAM SALURAN SANITASI KEPADA MASYARAKAT DI KOTA MEDAN
Anang Anas Azhar, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananto, M. R., Hadisoebroto, R., & Winarni, W. (2023). Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Minum Di Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. Jurnal Lingkungan Dan Sumberdaya Alam (JURNALIS), 6(1). https://doi.org/10.47080/jls.v6i1.2485
Andini, R. D. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Digital Leadership Di Era Disrupsi Digital. AL-IRSYAD, 11(1). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9333
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Ardi, M., Amir, F., Suti, M., & Ardiansa, M. A. (2018). Kajian Pengembangan Lingkungan Sehat di Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Bangda Simpurusiang. https://doi.org/10.33297/jbs.v1i1.2018.39-48
Atnan, N., & Abrar, A. N. (2023). Relation of Social Media Literacy, Trust, and Information Quality on Public Communication Behaviour in Urban Local Government Social Media in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 39(2). https://doi.org/10.17576/JKMJC-2023-3902-12
Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika Pelayanan Publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i1.298
Creswell, J. W. (2019). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. In Pustaka Pelajar.
Eprilianto, D. F. (2022). Inovasi Digital dalam Sektor Publik: Studi Deskriptif Tentang Value Added Inovasi Pelayanan Kesehatan. Jurnal EL-RIYASAH. https://doi.org/10.24014/jel.v13i1.14357
Erlianti, D. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis. https://doi.org/10.36917/japabis.v1i1.7
Fèvres, J. (2012). Everett M. Rogers, Diffusion of innovations. Essais. https://doi.org/10.4000/essais.11135
Firmansyah, B., Widyawati, R., & Despa, D. (2023). Pola Operasi Perencanaan Layanan Lumpur Tinja Dan Air Limbah Domestik (Studi Kasus Pada Kota Tangerang Selatan). Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 3(2). https://doi.org/10.23960/snip.v3i2.451
Gusmarani, K., & Rajiyem, R. (2022). Strategi komunikasi internal dalam perubahan organisasi di masa transisi tahun 2019-2020. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.35518
Gusti Walinegoro, B., Saputra, G., Inayah, F., & Widya Sari, L. (2023). Tata Kelola Inovasi Layanan Publik: Program Lasamba (Layanan Sambang Warga) Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Journal of Governance Innovation, 5(1). https://doi.org/10.36636/jogiv.v5i1.2285
Herati, H., Burns, K. E., Nascimento, M., Brown, P., Calnan, M., Dubé, È., Ward, P. R., Filice, E., Rotolo, B., Ike, N., & Meyer, S. B. (2023). Canadians’ trust in government in a time of crisis: Does it matter? PLoS ONE, 18(9 September). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0290664
Ismiyati, T. (2023). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.512
Meng, J., & Berger, B. K. (2022). The role of institutional environment in building communication professionals’ trust and satisfaction: a moderated multiple-mediation analysis. Corporate Communications, 27(2). https://doi.org/10.1108/CCIJ-03-2021-0030
Miles, M. B., Huberman, A. M., University, J. S., & Data. (2021). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Learning Sciences Research for Teaching.
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu
Pamungkas, D. S., Fadillah, N. A. Z., Julia, A., & Ferbianty, D. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Sanitasi Layak Bagi Rumah Tangga Di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Jurnal Planologi. https://doi.org/10.30659/jpsa.v19i1.19211
Putri, R. D. (2019). Aplikasi Teknologi Rotating Biological Contactor Pada Pengolahan Air Limbah. Environmental Engineering and Management Journal.
Ramadhan, M. A., & Chatamallah, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran X. Jurnal Riset Public Relations. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.641
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik. https://doi.org/10.1109/ICMENS.2005.96
Riani, N. K. (2021). Strategi peningkatan pelayanan publik. Jurnal Inovasi Penelitian.
Rusmadi, M. I. M., Suyanto, H., & Jaya, A. R. (2023). Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) UPT Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Publikasi Riset Orientasi Teknik Sipil (Proteksi), 5(1). https://doi.org/10.26740/proteksi.v5n1.p7-12
Salam, A. A., Fernandy, D., Pramesti, D. P., Shula, F., Setiawan, G. S., Khairunnisa, K., Puspita, M., Mumin, M. A. U., Anwari, M. R., Tuska, M. K. T., & Syahadat, T. K. (2025). Komunikasi Lingkungan Dalam Pariwisata, Pelestarian, & Keberlanjutan Lingkungan Di Desa Tampakang & Pulau Sambujur, Kalimantan Selatan. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/lektur.v8i1.23726
Solong, A., & Muliadi, M. (2021). Inovasi Pelayanan Publik. Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik. https://doi.org/10.47030/aq.v10i2.82
Sudrajat, A., Sudarno, S., & Luqman, Y. (2020). Analisis Rencana Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) untuk Manajemen Layanan Lumpur Tinja yang Berkelanjutan di Kota Cilacap. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal.
Suryani, N. K., Wahid, U., & Toni, A. (2023). Peran Efektifitas Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. Widya Manajemen, 5(2), 109–119. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i2.3670
Thareeq Akbar Perkasa, & Rafinita Aditia. (2023). Strategi Komunikasi Kepemimpinan : Suatu Tinjauan Teoritis. Journal of Student Research, 1(2). https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1042
Wahyudi, A. (2022). Mengenal Lebih Jauh tentang IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal di Kabupaten Lampung Timur. Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 2(1). https://doi.org/10.23960/snip.v2i1.27
Waruwu, M., & Panggabean, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasa Pelanggan Pdam Tirtanadi Sumatera Utara. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, 10(2). https://doi.org/10.46930/global.v10i2.1826
DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v8i2.24225
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Izkal Dwifa Juarsa, Anang Anas Azhar
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.