DARI SIMBOL KE IDENTITAS KOLEKTIF: STUDI INTERAKSI SIMBOLIK PADA KOMUNITAS CHELSEA INDONESIA SUPPORTERS CLUB

Arselma Trus'tee Audrey, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Chelsea Football Club (Chelsea FC) merupakan klub Liga Inggris papan atas dengan penggemar yang tersebar di seluruh dunia, tidak hanya di Inggris atau Eropa. Kesuksesannya telah menarik jutaan penggemar, termasuk di Indonesia. Penelitian ini meneliti interaksi simbolik dalam proses pembentukan identitas sosial anggota Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC). Teori konstruktivis digunakan bersamaan dengan Teori Identitas dan Identitas Sosial, serta pendekatan interaksi simbolik untuk memahami identitas sebagai penggemar Chelsea FC. Sebagai penelitian deskriptif, data dihimpun dari para informan dan melalui observasi lapangan. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana interaksi simbolik berperan dalam konstruksi identitas diri yang terbentuk dari proses eksplorasi melalui keluarga, teman, dan media massa. Penelitian ini juga mengkaji hubungan antara komitmen dengan loyalitas, serta peran kategorisasi, identifikasi, dan perbandingan sosial dalam proses pembentukan identitas. Hasilnya menunjukkan bahwa interaksi simbolik pada level komunitas (society), diri anggota (self), dan proses pemaknaan (mind) membentuk CISC sebagai kelompok yang loyal, serta memiliki rasa kasih sayang, solidaritas, dan kekeluargaan yang kuat antar anggota.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, D. (2008). Interaksi simbolik. Jurnal Mediator, 9(2), 301–316.

Arifin, Z. (2009). Metodologi penelitian pendidikan. Lentera Cendikia.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan dan praktik. Rineka Cipta.

Badudu, J. S. (1994). Kamus umum bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan.

BBC News. (2003, Juli 2). Russian businessman buys Chelsea. http://news.bbc.co.uk/2/hi/business/3036838.stm

Blumer, H. (1968). Symbolic interactionism: Perspective and method. University of California Press.

Bosma, H. A., Graafsma, T. L. G., Grotevant, H. D., & de Levita, D. J. (Eds.). (1994). Identity development: An interdisciplinary approach. SAGE Publications.

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif. Kencana.

Cangara, H. (2012). Pengantar ilmu komunikasi (Edisi Revisi). Rajawali Press.

Charon, J. W. (2007). Symbolic interactionism: An introduction, an interpretation, an integration (9th ed.). Pearson Prentice Hall.

Chelsea FC. (n.d.). Club history – Decade by decade. Diakses 12 Juni 2025, dari https://www.chelseafc.com/en/about-chelsea/history/club-history

Chelsea Indonesia Supporters Club. (n.d.). Seputar Chelsea Indonesia. Diakses 12 Juni 2025, dari http://chelseaindo.or.id/category/seputar-chelsea-indonesia

Craig, R. T., & Muller, H. L. (Eds.). (2007). Theorizing communication: Reading across traditions. Sage Publication.

Cresswell, J. W. (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Pustaka Pelajar.

Cresswell, J. W. (2011). Research design: Qualitative and quantitative approach. Sage Publication.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of qualitative research. Pustaka Pelajar.

Effendy, O. U. (2009). Ilmu komunikasi, teori dan praktek. PT Remaja Rosdakarya.

FIFA. (2018, Desember 21). More than half the world watched record-breaking 2018 World Cup. https://www.fifa.com/worldcup/news/more-than-half-the-world-watched-record-breaking-2018-world-cup

Foer, F. (2006). Memahami dunia lewat sepakbola. Marjin Kiri.

Gilianotti, R. (1994). Football, violence and social identity. Routledge.

Gilianotti, R., & Williams, J. (1994). Game without frontiers: Football, identity and modernity. Ashgate.

Hamidi, M. S. (2010). Metode penelitian dan teori komunikasi. UMM Press.

Hogg, M. A., & Terry, D. J. (2001). Social identity process in organizational contexts. Psychology Press.

Hogg, M. A., & Vaughan, G. M. (2002). Social psychology (3rd ed.). Prentice Hall.

Idrus, M. (2007). Metode penelitian ilmu-ilmu sosial: Pendekatan kualitatif & kuantitatif. UII Press.

Jacobson, B. (2003). The social psychology of the creation of a sport fan identity: A theoretical review of the literature. Athletic Insight: The Online Journal of Sport Psychology, 5(2).

Kaskus. (2013, Oktober 5). Official broadcaster liga inggris di Indonesia dari masa ke masa. https://www.kaskus.co.id/thread/524d22fef8ce174201000007/official-broadcaster-liga-inggris-di-indonesia-dari-masa-ke-masa/

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar ilmu antropologi. PT Rineka Cipta.

Kriyantono, R. (2006). Teknis praktis riset komunikasi. Kencana Prenada Media.

Littlejohn, S. W. (2002). Theories of human communication. Wadsworth/Thomson Learning.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of communication theory (Vol. 1). SAGE Publications, Inc.

McLeod, S. A. (2008). Social identity theory. Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/social-identity-theory.html

McQuail, D. (2005). McQuail’s mass communication theory (5th ed.). SAGE Publications.

Messner, M., & Garrison, B. (2006). An integrated approach to communication. Routledge.

Moleong, L. J. (2001). Metode penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2013). Teori komunikasi: Individu hingga massa. Kencana.

Moss, S., & Tubbs, S. L. (2008). Human communication: Principles and context. McGraw-Hill.

Mulyana, D. (2003). Ilmu komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2010). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar (Cet. Ke-14). PT. Remaja Rosdakarya.

Neuman, W. L. (2003). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Pearson Education.

Pandit Football. (2018, Februari 28). Nonton Liga Inggris di mana? https://www.panditfootball.com/on-this-day-klasik/211082/DGA/180228/nonton-liga-inggris-di-mana

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research & evaluation methods. Sage.

Pramana, I. (n.d.). Jersey dan identitas suporter. Bola.net. Diakses 12 Juni 2025, dari http://www.bola.net/editorial/print/0000000915.html

Prawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. LKiS.

Rakhmat, J. (2007). Metode penelitian komunikasi. PT Remadja Rosda Karya.

Richardson, B. (n.d.). It’s far more important than that” Football fandom and cultural capital. UCC, Dublin City University.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2004). Classical sociological theory. McGraw-Hill.

Sarwono, S. W. (1999). Psikologi sosial: Psikologi kelompok dan psikologi terapan. Balai Pustaka.

Schneider, D. J. (2004). The psychology of stereotyping. Guilford Press.

Sendjaja, S. D. (2005). Teori komunikasi. Universitas Terbuka.

Silalahi, U. (2010). Metode penelitian sosial. PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2009). Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam. Prenada Media Group.

Susanto. (2006). Metode penelitian sosial. LPP UNS dan UNS Press.

Tubbs, S. L., & Moss, S. (2001). Human communication. Remaja Rosda Karya.

West, R., & Turner, L. H. (2007). Introducing communication theory (3rd ed.). The McGraw-Hill Companies.

Widi, R. K. (2010). Asas metodologi penelitian. Graha Ilmu.

Wijaya, W. (2004). Kamus lengkap Inggris-Indonesia. Bintang Jaya.

Williams, J. (2007). Rethinking sports fandom: The case of European soccer. Leisure Studies, 26(2), 127–146.

Yusuf, M. (2014). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v8i2.24068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arselma Trus'tee Audrey

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats