Strategi Pemasaran Digital Merek Azarine pada Media Sosial Instagram dalam Membangun Loyalitas Merek

Rini Permatasari, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Abdul Rasyid, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract


Dalam strategi pemasaran digital, loyalitas merek menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan dengan pembelian berulang di masa depan. Penelitian ini ditujukan agar mengetahui pengaruh strategi pemasaran digital yang meliputi konten media sosial, penggunaan fitur Instagram, dan interaksi dengan pengguna yang dilakukan oleh Azarine terhadap loyalitas merek. Penelitian ini mempergunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data berupa regresi linear berganda untuk menguji hubungan antar variabel yang diteliti. Pengambilan sampel mempergunakan teknik purposive sampling, dengan responden berjumlah 80 orang. Berdasarkan hasil penelitian, 1) konten media sosial yang dilakukan Azarine memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek secara signifikan. 2) Tidak terdapat pengaruh penggunaan fitur instagram oleh Azarine terhadap loyalitas merek. 3) Interaksi dengan pengguna yang dilakukan Azarine di akun instagram tidak memiliki banyak pengaruh terhadap loyalitas merek secara signifikan. 4) Secara bersamaan, konten media sosial Instagram, penggunaan fitur Instagram, dan interaksi dengan pengguna yang dilakukan oleh Azarine di Instagram memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek secara signifikan.

 


Keywords


Konten Media Sosial, Fitur Instagram, Interaksi Pengguna, Loyalitas Merek, Azarine

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2013). Building Strong Brands. New York: Free Press.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, III(1), 1-17.

Burhanudin, T. (2020, Oktober 27). Ubah Strategi dari Offline ke Online, Kosmetik Asal Sidoarjo ini raih Sukses. Retrieved from Marketing.co.id: https://marketing.co.id/ubah-strategi-dari-offline-ke-online-kosmeti-asal-sidoarjo-ini-raih-sukses/

Charviandi, A., & dkk. (2023). Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital marketing). Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.

Cosmetic, A. (2023, Juli 21). Azarine Cosmetic Berhasil Meraih 12 Awards Sepanjang Tahun 2022. Retrieved Februari 5, 2025, from azarinecosmetic.com: https:azarinecosmetic.com/a/azarine-cosmetic-berhasil-meraih-12-awards-sepanjang-tahun-2002

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (3rd ed.). (A. Fawaid, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasniaty, & dkk. (2023). Social Media Marketing. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Joseph, J. K., & Bindal, M. (2018). The Impact of Brand Post Strategy and Social Media Engagement on customer Loyalty. International Journal of Management Studies, V(3), 48-55.

Kerlinger, F. N. (2006). Asas-Asas Penelitian. (L. R. Simatupang, Trans.) Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Lu, C., Kuswoyo, C., & Calvin, L. (2022). Anlaisis Perilaku Belanja Konsumen Sebelum dan Selama Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis, VI(2), 691-711.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nachrowi, N. D., & Usman, H. (2006). Pendekatan Populer dan Praktis untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Niko, J. (2025, Februari 10). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia 2025. Retrieved Maret 9, 2025, from Upgraded.id: https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Tarisa, & Giri, R. R. (2024). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Equity, Brand Trust, dan Brand Loyalty pada Instagram Traveloka. e-Proceeding of Management, XI(4), 3506-3513.

Udayana, P. S. (2024). Dampak Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Menggunakan Media Sosial Instagram: Studi Literatr. Inspire: Journal of Culinary, Hospitality, Digital & Creative Arts and Event, II(1), 20-30.

Widarjono, A. (2013). Ekonomerika: Teori dan Aplikasi untuk EKonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Ekonisia.




DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v8i2.23770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rini Permatasari, Abdul Rasyid

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats