REPRESENTASI KOREAN WAVE PADA IKLAN ULTRA MILK X STRAY KIDS: SHOW YOUR #IAMULTRAORDDINARY MOVES (ANALISIS MULTIMODAL DALAM IKLAN)

Afita Nurmalasari, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
Afifah Rismayanti, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
Zahida Khairunnisa Fathin, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengimplementasikan teori mengenai analisis multimodal tentang representasi Korean Wave pada iklan susu Ultra Milk. Korean Wave merupakan suatu budaya yang terkonstruksi oleh budaya yang berasal dari Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi Korean Wave pada iklan Ultra Milk X Stray Kids: Show Your #IamUltraOrddinary Moves. Penelitian ini menggunakan teori analisis multimodal oleh Kress dan Leeuwen untuk menjelaskan representasi Korean Wave pada iklan ini sebagai bentuk kolaborasi dan strategi branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan kolaborasi kali ini Ultra Milk berhasil menampilkan unsur-unsur yang menjadi representasi dari fenomena Korean Wave dengan baik. Secara ideasional, Korean Wave dalam iklan ini terepresentasi dengan hadirnya Stray Kids sebagai represented participants. Secara interpersonal, Korean Wave direpresentasikan dengan jarak sosial yang ada di antara aktor subjek dengan penonton, mimik wajah yang ekspresif serta penggunaan warna-warna cerah dan mencolok yang digunakan pada ornamen dalam iklan. Lalu secara tekstual representasi Korean Wave terwujud dari teks-teks serta visualisasi dalam iklan yang disesuaikan dengan konsep dan branding dari boy grup Stray Kids itu sendiri. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan aktor berupa anggota Stray Kids beserta iringan lagunya merupakan salah satu bentuk dari Korean Wave yang mendunia

Keywords


Representasi, Korean Wave, Multimodalitas, Ultra Milk, Stray Kids

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v8i1.23727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Afita Nurmalasari, Afifah Rismayanti, Zahida Khairunnisa Fathin

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats