Pengaruh Word of Mouth (WOM) melalui Brand Image dalam Pemilihan Kampus Vokasi UNY Gunungkidul

Anugerah Tesa Aulia, Yogyakarta State University, Indonesia
Ign. Agung Satyawan, Sebelas Maret University, Indonesia
Albert Muhammad, Sebelas Maret University, Indonesia

Abstract


Abstrak

            Pada tahun 2020, UNY membuka kampus vokasi baru di Gunungkidul. Sosialisasi memperkenalkan kampus UNY Gunungkidul dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru tidak dapat dilakukan secara tatap muka lantaran situasi pandemi Covid-19. Hal yang dilakukan untuk memperkenalkan Kampus UNY Gunungkidul yaitu secara online. Pembukaan kampus ini bertujuan untuk meratakan serta meningkatkan mutu pendidikan sekolah tinggi di DIY. Gunungkidul menjadi kabupaten dengan jumlah penduduk miskin terbanyak kedua di DIY. Kampus UNY Gunungkidul menggunalan media sosial sebagai media promosi. Hal ini juga dilakukan guna mendukung pembentukan brand image terhadap pengambilan keputusan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pengukuran skala likert. Populasi pada penelitian sebanyak 502 mahasiswa. Dalam menghintung jumlah sampel menggunakan formulasi tabel Albert Harkin & Colton diperoleh 90 responden. Penelitian ini menggunakan uji Sobel test. Hasil perhitungan Sobel Test menggunakan uji Z diketahui nilai Z = 4,012 > 1,96 atau Zhitung > Ztabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Word Of Mouth melalui brand image terhadap keputusan mahasiswa dalam pemilihan kampus vokasi UNY Gunungkidul.

Kata Kunci: Word Of Mouth, Brand Image, UNY Gununkidul

 

Abstract

            In 2020, UNY opened a new vocational campus in Gunungkidul. Socialization regarding the introduction of the UNY Gunungkidul campus in the series of new student admissions cannot be carried out face-to-face due to the Covid-19 pandemic situation. What is being done to introduce the UNY Gunungkidul Campus is online. The opening of this campus aims to level and improve the quality of higher school education in DIY. Gunungkidul is the district with the second highest number of poor people in DIY. UNY Gunungkidul Campus uses social media as promotional media. This is also done to support the formation of a brand image for student decision making. This research uses a quantitative descriptive approach using Likert scale measurements. The population in the study was 502 students. In calculating the sample size using the Albert Harkin & Colton table formulation, 90 respondents were obtained. This research uses the Sobel test. The results of the Sobel Test calculation using the Z test show that the value of Z = 4.012 > 1.96 or Zcount > Ztable means it can be concluded that there is a positive and significant influence of Word of Mouth through brand image on students' decisions in choosing the UNY Gunungkidul vocational campus

Keyword: Word Of Mouth, Brand Image, UNY Gununkidul


Keywords


Word Of Mouth, Brand Image, UNY Gununkidul

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v7i2.21768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anugerah Tesa Aulia, Ign. Agung Satyawan, Albert Muhammad

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats