Analisis resepsi mahasiswa UNY mengenai nilai-nilai Nasionalisme dalam film Susi Susanti – love all

Aldi Heru Triananda, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Wuri Handayani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui resepsi atau pemaknaan khalayak terhadap nilai-nilai nasionalisme yang disampaikan dalam Film Susi Susanti: Love All. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode analisis resepsi Stuart Hall. Pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara terhadap informan dan Analisis isi konten media yang digunakan untuk membantu mengidentifikasi kode-kode nasionalisme serta dokumentasi yang berguna untuk mendukung informasi penelitian ini. Dalam penentuan sample teknik yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan dan terdapat 5 orang sebagai informan utama yang terdiri atas satu ahli film dan empat sample khalayak. Film Susi Susanti: Love All menampilkan pemaknaan nasionalisme yang beragam, dimana nasionalisme tidak hanya dimaknai sebagai bentuk kecintaan dan pengabdian terhadap bangsa dan negara namun juga dimaknai sebagai bentuk perlawanan terhadap diskriminasi. Khalayak dikategorikan sebagai penerima pesan yang didasari oleh aspek profil psikologis yang ditunjukan oleh opini mereka terhadap karakter Susi Susi dan adanya perasaan trauma terhadap pengalaman masa lalu serta aspek karakteristik prilaku khalayak yang umumnya menyukai olah raga dan studi film. Faktor tersebut menempatkan khalayak pada posisi yang berbeda-beda, diantaranya adalah Dominant Hegemonic, Negotiated Position, Oppotitional Position.

This research was conducted to determine the audience's reception or meaning of the nationalist values conveyed in the film Susi Susanti: Love All. This research is qualitative research using the Stuart Hall reception analysis method approach. Data collection in this research was obtained through interviews with informants and content analysis of media content used to help identify nationalism codes and useful documentation to support this research information. In determining the sample, the technique used was purposive sampling with predetermined criteria, and there were 5 people as main informants consisting of one film expert and four audience samples. The film Susi Susanti: Love All displays various meanings of nationalism, where nationalism is interpreted as a form of love and devotion to the nation and state and as a form of resistance to discrimination. Audiences are categorised as message recipients based on psychological profile aspects shown by their opinion of the character Susi Susi, feelings of trauma from past experiences, and aspects of the behavioural characteristics of audiences who generally like sports and film studies. These factors place the audience in different positions, including Dominant Hegemonic, Negotiated Position, and Oppositional Position.


Keywords


Analisis Resepsi, Mahasiswa UNY, Nilai-Nilai Nasionalisme

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v7i1.21033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aldi Heru Triananda, Wuri Handayani

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats