Manajemen media sosial (studi kasus pada akun Instagram @kemendag)

Mas’ud Hamdani Bin Rohmad, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Suranto Aw, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait dengan manajemen media sosial pada akun Instagram @kemendag yang dikelola oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jenis penelitian ini, maka digunakan teknik wawancara mendalam dalam mengumpulkan data yang ditemukan. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber, untuk mengomparasikan data hasil penelitian yang ditemukan. Sedangkan dalam proses analisis data model analisis Miles and Hubberman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan empat aspek dalam teori The Circular Model of SOME yang dikemukakan oleh Regina Luttrell yaitu share, optimize, manage dan engage, maka mampu dipaparkan jika aspek share, Tim Media Sosial melakukan banyak kegiatan yang mendukung proses membagikan postingan diantaranya pelaksanaan riset audiens, membangun ciri khas, hingga membuat sistem yang mampu meningkatkan konektivitas dengan audiensnya. Dalam aspek optimize, menunjukkan proses Tim Media Sosial mengoptimalkan penggunaan media sosial, diantaranya dengan mengikuti hingga andil dalam tren yang berkembang di media sosial. Aspek manage, diketahui proses manajemen media sosial dilakukan dengan melakukan monitoring sebagai proses mengawasi dan mengatur kegiatan bermedia sosial hingga bermuara pada kegiatan evaluasi bulanan. Serta pada aspek engage, mampu dijabarkan mengenai proses Tim Media Sosial dalam membangun interaksi. Salah satu cara yang diketahui dengan menggunakan jasa influencher yang marak akhir-akhir ini untuk memperluas jangkauan audiens di media sosial.

Kata Kunci : Manajemen Media Sosial, Manajemen Instagram, The Circular Model of SOME

 

Abstract

            This study aims to describe social media management on the Instagram account @kemendag which is managed by the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. With this type of research, in-depth interview techniques were used to collect the data found. In determining the informants, researchers used a purposive sampling technique. The data validity technique used is source triangulation, to compare the research data found. Meanwhile, in the data analysis process, the Miles and Hubberman analysis model. Based on research conducted using four aspects in The Circular Model of SOME theory put forward by Regina Luttrell namely share, optimize, manage and engage, it can be explained that if the share aspect is shared, the Social Media Team carries out many activities that support the process of sharing posts including conducting research audience, building characteristics, to create a system that is able to increase connectivity with the audience. In the optimize aspect, it shows the process of the Social Media Team optimizing the use of social media, including by following to share in the trends that are developing on social media. In managing aspects, it is known that the social media management process is carried out by monitoring as a process of supervising and regulating social media activities so that it leads to monthly evaluation activities. As well as on the engage aspect, it is able to describe the process of the Social Media Team in building interactions. One known way is to use the services of influencers, which have been popular lately, to broaden the reach of your audience on social media.

Keywords : Social Media Management, Instagram Management, The Circular Model of SOME

Keywords


Manajemen Media Sosial, Manajemen Instagram, The Circular Model of SOME

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i4.20979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mas’ud Hamdani Bin Rohmad, Suranto Aw

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats