Pola komunikasi antarpribadi pelatih dan siswa dalam membangun motivasi berolahraga cabor Taekwondo

Nurfadila Nurfadila, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Novianto Yudha Laksana, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola Komunikasi Antarpribadi Pelatih dan Siswa RTC Cirebon dalam membangun motivasi berolahraga yang diterapkan dan digunakan pelatih RTC Cirebon kepada siswa terutama siswa usia dini dan siswa remaja. Penelitian ini berlokasi di unit/dojang Rotan Taekwondo Club Cirebon. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan secara triangulasi sumber data. Dalam wawancara pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam analisis data menggunakan empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pola komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh pelatih RTC Cirebon memiliki perbedaan antara pola komunikasi yang digunakan kepada siswa remaja dan siswa usia dini. Pola komunikasi yang berbeda yang dilakukan pelatih RTC Cirebon kepada siswa remaja dan siswa usia dini dilakukan dengan melihat dari karakter dari masing – masing anak yang bebeda. Hambatan – hambatan yang datang baik dari pihak internal dan eksternal , dimana hambatan pihak internal datang dari sesama siswa sedangkan pihak eksternal datang dari orang tua siswa. Dengan pola komunikasi yang berbeda pelatih RTC Cirebon pada siswanya dan jalinan hubungan yang baik menjadikan komunikasi berjalan dengan sangat baik dan efektif serta memberikan motivasi kepada para atlet atau siswa untuk tetap berlatih.

Kata kunci : Pola Komunikasi Antarpribadi, Pelatih, Taekwondo

 

Abstract

The study aims to describe communication patterns between coach and RTC cirebon students in building the applied exercise motivation and used by RTC cirebon to mainly young students and teenage students. This study is located in the unit/dojang rotan taekwondo club cirebon. Research uses a qualitative approach with the type of case study, the method of data collection conducted on this study is interviews, observation and documentation. The validity of data was triangulated by data sources. In the interview for the selection of the informant using an intergalactic sampling technique. In data analysis, using the four phases of data collection, data reduction, data presentation, and deduction drawing. As a result of the study, it was learned that the interpersonal communication patterns of coach RTC cirebon had a difference between the communication patterns used to young and early students. The different communication patterns that coach RTC cirebon offers to teenage and early-age students by looking at the characteristics of each young child. Obstacles - barriers that come from both internal and external parties, where internal barriers come from fellow students while external parties come from student parents. Using different communication patterns that coach RTC cirebon his students and good relationships make communication run very well and effective and provide motivation for athletes or students to keep training.

Keywords : interpersonal communication patterns, coach, taekwondo

Keywords


Pola Komunikasi Antarpribadi, Pelatih, Taekwondo

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i2.20950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurfadila Nurfadila, Novianto Yudha Laksana

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats