Motif dan Pola Penggunaan Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan di Kalangan Mahasiswa di Yogyakarta

Bonavhisna Pandhita Sandya Wikara, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ulfah Hidayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan pola penggunaan aplikasi Gojek, Grab, dan Shopee pada layanan pesan antar makanan di Kalangan Mahasiswa di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berkuliah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah sampel diambil sebanyak 100 responden teknik probability sampling dengan simple random sampling dengan rumus Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikirimkan secara daring. Angket penelitian diuji validitas menggunakan teknik korelasi product moment (Pearson Correlation) dan reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Segala pengujian dalam penelitian dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif mahasiswa dalam menggunakan aplikasi layanan pesan antar makanan menurut teori motif Allan Robin adalah untuk “memenuhi rasa penasaran”. Berdasarkan hasil penelitian pola penggunaan Aplikasi layanan pesan antar makanan pada umumnya terlihat dari frekuensi penggunaan sebanyak 1 (satu) kali, durasi kurang dari 1 (satu) jam, waktu penggunaan lebih banyak pada malam hari, opsi fitur yang sering digunakan adalah fitur promo atau voucher makanan, dan aplikasi layanan pesan antar makanan yang sering digunakan untuk layanan pesan antar makanan adalah Gojek.

Kata kunci : Motif, Pola, Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan

 

Abstract

This research was conducted to find out the motives and patterns of using the Gojek, Grab, and Shopee applications for food delivery services among students in Yogyakarta. This research is a research using a quantitative approach to the survey method. The population in this study were students studying in the Special Region of Yogyakarta. The number of samples taken was 100 respondents using probability sampling technique with simple random sampling using the Isaac and Michael formula. The data collection technique uses a questionnaire that is sent online. The research questionnaire was tested for validity using the product moment correlation technique (Pearson Correlation) and reliability using the Cronbach's Alpha technique. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis. All tests in the study were carried out with the help of the IBM SPSS Statistics 25 program. The results of this study revealed that according to Allan Robin's theory, students' motives for using the food delivery service application were to “fulfill curiosity”. Based on the research results, the pattern of usage of the food delivery service application is generally seen from the frequency of use of 1 (one) time, duration of less than 1 (one) hour, usage time is more at night, feature options that are frequently used are promo or voucher features. food, and the food delivery service application that is often used for food delivery services is Gojek.

Keywords : Motives, Patterns, Applications for Food Delivery Services

Keywords


Motif, Pola, Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i1.19244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bonavhisna Pandhita Sandya Wikara, Ulfah Hidayati

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats