PENGARUH RESPON VIEWERS TENTANG KONTEN FOOD VLOGGER @JOGJABIKINLAPER TERHADAP MINAT BELI MAKANAN DI YOGYAKARTA
Novianto Yudha Laksana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh respon viewers tentang konten food vlogger @jogjabikinlaper terhadap minat beli makanan di Yogyakarta melalui respon dari viewers-nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner tertutup dengan skala likert. Data yang diperoleh dilakukan dengan analisis uji asumsi klasik dan uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana. Seluruh pengujian dan analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara respon viewers tentang konten food vlogger @jogjabikinlaper (X) terhadap minat beli makanan di Yogyakarta (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,859 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi hasil uji kurang dari 0,05 sehingga penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Perubahan pada variabel bebas akan mempengaruhi sebesar 0,859 atau 85,9% terhadap perubahan pada variabel terikat.
Kata Kunci : food vlogger, respon, minat beli
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of viewers' responses on food vlogger @jogjabikinlaper's content on interest in buying food in Yogyakarta through responses from viewers. This study uses a quantitative approach with a survey method. The sample size of this study was 100 respondents. This study used a data collection technique in the form of a closed questionnaire with a Likert scale. The data obtained was carried out by classical assumption test analysis and hypothesis testing was carried out by simple linear regression analysis. All data testing and analysis were carried out with the help of IBM SPSS Statistics 25 software. The results of this study indicate that there is a significant positive effect between viewers' responses to the food vlogger @jogjabikinlaper (X)'s content and interest in buying food in Yogyakarta (Y). This is evidenced by the regression coefficient value of 0.859 with a significance level of 0.000. The significance level of the test results is less than 0.05 so this study rejects H0 and accepts H1. Changes in the independent variables will affect 0.859 or 85.9% of changes in the dependent variable.
Keywords : food vlogger, response, buying interestKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v5i3.19178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Qurlita Syaharani, Novianto Yudha Laksana
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.