STRATEGI PERSONAL BRANDING SELEBGRAM NON SELEBRITI NADJA NAMEERA DI INSTAGRAM NON-CELEBRITY “NADJA NAMEERA” PERSONAL BRANDING STRATEGY ON INSTAGRAM

Cahya Asmarandani Megaputri, ilmu komunikasi UNY, Indonesia
Pratiwi Wahyu Widiarti, Ilmu komunikasi UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi personal branding selebgram non selebriti @Nadjanameera; dan (2) mengetahui hambatan strategi personal branding selebgram non selebriti pada akun Instagram @Nadjanameera. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu Nadja Nameera. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Motivasi Nadja Nameera melakukan strategi personal branding untuk menunjukan identitas diri, integrasi dan interaksi sosial pada para pengguna media sosial Instagram. Identitas diri dimaknai sebagai upaya membangun citra diri terhadap para pengguna media sosial Instagram. Sedangkan integrasi dan interaksi sosial dilakukan untuk membangun hubungan dengan para pengikutnya di Instagram agar dapat menjaga engagement akun instagramnya. (2) Strategi dilakukan dengan menunjukan kepribadian yang positif kepada para pengikutnya. Selain itu Nadja juga menunjukan perbedaan dengan selebgram lainnya dengan cara menunjukan fashion dan beauty yang terlihat glamour dan luxury. Terakhir, secara konsisten Nadja menunjukan konten dengan tema yang sama secara berulang agar para pengguna Instagram dapat mengasosiasikan dirinya dengan situasi tertentu

Kata kunci : Personal Branding, Instagram, Nadja Nameera

 

Abstract

This study aims to (1) determine the motivation of non-celebrity personal branding @Nadjanameera; and (2) knowing the barriers to non-celebrity personal branding strategies on the @Nadjanameera Instagram account. This type of research is descriptive qualitative. Determination of informants using purposive sampling technique. The informant in this research is Nadja Nameera. Data collection techniques using interviews and documentation. The data examination technique used source triangulation and the data analysis technique used reduction, presentation and conclusion drawing. The results showed that (1) Nadja Nameera's motivation to carry out a personal branding strategy to show self-identity, integration and social interaction on Instagram social media users. Self-identity is interpreted as an effort to build self-image for Instagram social media users. Meanwhile, integration and social interaction are carried out to build relationships with followers on Instagram in order to maintain engagement with their Instagram accounts. (2) The strategy is done by showing a positive personality to his followers. In addition, Nadja also shows the difference with other celebgrams by showing fashion and beauty that looks glamorous and luxurious. Finally, Nadja consistently shows content with the same theme repeatedly so that Instagram users can associate themselves with certain situations.

Keywords : Personal Branding, Instagram, Nadja Nameera

Keywords


Personal Branding, Instagram, Nadja Nameera

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v5i2.19150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cahya Asmarandani Megaputri, Pratiwi Wahyu Widiarti

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats