STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO DALAM MANAJEMEN KRISIS PANDEMI COVID-19

Alifia Dewi Nurdiana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pratiwi Wahyu Widiarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen krisis Pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh public relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitin ini menunjukkan : 1) Langkah-langkah yang dilakukan PR untuk mengelola krisis adalah dengan mengidentifikasi krisis, menganalisis krisis, mengisolasi krisis lalu memilh strategi (2) Strategi manajemen krisis yang dipilih PR adalah strategi adaptif (3) PR memiliki tim manajemen krisis dan strategi komunikasi krisis untuk merespon krisis dengan cepat (4) Krisis Pandemi Covid-19 yang dialami PT Angkasa Pura I (Pesero) Bandara Internasional Adisutjipto berada pada tahap cronic.

Kata kunci : Public Relations, PT Angkasa Pura I, Strategi Manajemen Krisis

 

Abstract

            This research aims to determine the Covid-19 crisis management strategy implemented by the public relations department at PT Angkasa Pura I (Persero) Adisutjipto International Airport. The study used a qualitative approach with interview and documentation data collection techniques. The result showed : : (1) The steps taken by PR to manage the crisis are to identify the crisis, analyze the crisis, isolate the crisis and then choose a strategy (2) The crisis management strategy chosen by PR is adaptive strategy. (3) PR has a crisis management team and a crisis communication strategy to respond quickly to crises (4) The Covid-19 experienced by PT Angkasa Pura I Crisis (Persero) Adisutjipto International Airport is in the cronic stage.

Keyword: Public Relations, PT Angkasa Pura I, Crisis Management Strategy

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i3.18530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alifia Dewi Nurdiana, Pratiwi Wahyu Widiarti

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats