ANALISIS OPINI PUBLIK TERHADAP PROGRAM VAKSINASI COVID-19 DI MEDIA SOSIAL TWITTER

Norika Hidayati Yusyah, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Suranto Aw, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengungkap opini publik terhadap program vaksinasi COVID-19 di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan konsep penelitian Social Media Analysis. Populasi penelitian yaitu semua tweet dari Twitter dengan kata kunci ‘Vaksin COVID-19’ yakni selama bulan Januari 2021, bulan Maret 2021 dan pada tanggal 12 – 19 Mei 2021. Teknik pengumpulan data Twitter menggunakan bantuan software MaxQDA Analytic dan Drone Emprit Academic. Peneliti menganalisis social big data menggunakan analisis isi dan statistik deskriptif dengan membandingkan hasil analisis pada 3 (tiga) periode waktu yang berbeda.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini publik mengalami bahwa terjadi kenaikan sentimen positif dan penurunan pada sentimen netral dan negatif. Selain itu, analisis emosi menunjukkan bahwa sebagian besar emosi publik memiliki 3 (tiga) emosi dominan yang sama yakni emosi “trust”, “ fear”, dan “anticipation” dengan urutan peringkat emosi yang tidak jauh berbeda pada tiap periode terhadap program vaksinasi COVID-19 di Twitter.

Kata Kunci : opini publik, vaksin COVID-19, sentimen, emosi, twitter

 

Abstrack

            This research aims to analyze and uncover public opinion on related issues COVID-19 vaccination program on social media Twitter.This research used mixed methods of qualitative and quantitative approaches with the concept of Social Media Analysis. The population in this research are all tweets from Twitter with the keyword ‘Vaksin COVID-19’ on January 2021, March 2021, and May 12-19 2021. The Twitter data collection techniques are using the MaxQDA Analytic software and Drone Emprit Academic. Researchers further analyzed the social big data using content analysis and descriptive statistics by comparing the results of the analysis in three different periods.

            The results show that there was an increase in positive sentiment and a decrease in neutral and negative sentiments towards the COVID-19 vaccination program on Twitter. In addition, emotion analysis showed that the majority of public emotions relied on three dominant emotions such as “trust”, “fear”, and “anticipation” with insignificant ranks of emotion for each period

Keyword : public opinion, COVID-19 vaccine, sentiment, emotion, twitter



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i2.18522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Norika Hidayati Yusyah, Suranto Aw

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats