Peran akun Instagram @Masukuny dalam pemenuhan informasi pengikut seputar Universitas Negeri Yogyakarta
Benni Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akun Instagram @masukuny dalam memenuhi kebutuhan informasi pengikutnya seputar informasi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @masukuny yang berjumlah 38,8 ribu pengikut. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probabilita dan mendapatkan hasil sebanyak 396 sampel. Metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas sebanyak 42 pertanyaan memenuhi syarat validitas, yaitu rhitung lebih dari 0,361, dan reliabilitas Alfa Cronbach’s sebesar 0,964. Data yang digunakan merupakan data hasil pengisian kuesioner para responden yang termasuk dalam kategori pengikut akun Instagram @masukuny dengan rentang usia 17 tahun sampai 23 tahun. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan pengelolaan data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak komputer SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah 87,07% responden setuju bahwa media sosial berperan sebagai alternatif mencari informasi. 78,86% responden setuju bahwa media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk membangun citra. 77% responden setuju bahwa akun Instagram @masukuny berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi. Jumlah tersebut termasuk dalam kategori sangat tinggi.
This study aims to determine the role of the Instagram account @masukuny in meeting the information needs of its followers regarding information at Yogyakarta State University. This research uses a quantitative approach, with the type of research that is survey. The population in this study were followers of the Instagram account @masukuny, totaling 38.8 thousand followers. Sampling in this study using non-probability techniques and get the results of 396 samples. Descriptive quantitative research method with the measurement scale used is the Likert scale. The results of the validity and reliability tests of 42 questions met the validity requirements, namely rcount more than 0.361, and Cronbach's alpha reliability of 0.964. The data used is data from filling out questionnaires of respondents who are included in the category of followers of the Instagram account @masukuny with an age range of 17 years to 23 years. The data analysis technique used descriptive statistics with management of questionnaire results data using SPSS version 25 computer software. The results of this study are 87.07% of respondents agree that social media plays a role as an alternative to finding information. 78.86% of respondents agreed that social media can be used as a medium to build images. 77% of respondents agree that the Instagram account @masukuny has a role in fulfilling information needs. This number is included in the very high category.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i3.16847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ahmad Abruron Baharsyah, Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.