HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL DAN TINGKAT KOMPETENSI LITERASI DIGITAL PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Benni Setiawan, jurusan ilmu komunikasi FIS UNY
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pemahaman literasi digital dan tingkat kompetensi literasi digital pada mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan teknik product moment dan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, di Universitas Negeri Yogyakarta dengan jumlah sampel yang terpilih adalah 394 mahasiswa dari populasi 22.463 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013-2018 dengan menggunakan metode Non probability sampling dan quota sampling. Hasil pengukuran mengenai tingkat pemahaman literasi digital mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta, menunjukkan kategori pemahaman sedang dengan skor rata-rata 3,17, sedangkan hasil pengukuran terhadap tingkat kompetensi literasi digital mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta menunjukkan kategori sedang dengan skor rata-rata 3,97. Hasil uji korelasi product moment yang dilakukan dengan aplikasi SPSS 2.2 menunjukkan adanya hubungan linier positif antara pemahaman literasi digital dan tingkat kompetensi literasi digital pada mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta, dengan nilai korelasi sebesar 26,4 %, dan dimana sejumlah 73,6 % nilai korelasi yang dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
This study aimed to determine the relationship between understanding digital literacy and the level of digital literacy competency among undergraduate students at Yogyakarta State University. The method of research used was correlational quantitative with product moment techniques and survey methods. This research was conducted in the even semester of the 2018/2019 school year, at Yogyakarta State University with total samples selected was 394 students from a population of 22,463 students of Yogyakarta State University class of 2013-2018. The measurement results regarding the level of digital literacy understanding of S1 students of Yogyakarta State University showed a moderate understanding category with an average score of 3.17, while the results of measurements of the level of digital literacy competence of S1 Yogyakarta State University students showed a moderate category with an average score of 3.97 . The results of the product moment correlation test conducted with the application of SPSS 2.2 showed a positive linear relationship between understanding digital literacy and the level of digital literacy competency among undergraduate students at Yogyakarta State University, with a correlation value of 26,4 %, and where 73,6 % value of the correlation with variables else not included in this discuss.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i1.16822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Abdul Majid Seputro, Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.