STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA ALAM HUTAN PINUS MANGUNAN BANTUL UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Samsul Hafid, Universitas Negeri Yogyakarta
Dyna Herlina Suwarto, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; strategi komunikasi pemasaran objek wisata alam Hutan Pinus Mangunan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini dilaksanakan di objek wisata alam Hutan Pinus Mangunan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua Koperasi Notowono selaku pengelola objek wisata alam Hutan Pinus Mangunan, humas Koperasi Notowono dan pengunjung objek wisata alam Hutan Pinus Mangunan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui langkah-langkah analisis data menurut Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan; pengelola objek wisata Hutan Pinus Mangunan dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran, menggunakan strategi yang mencakup delapan langkah seperti mengidentifikasi khalayak sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan total anggaran promosi, membuat keputusan atas bauran promosi, mengukur hasil promosi, mengelola dan mengkoordinasikan proses kegiatan pemasaran terintegrasi. Pada bauran promosi pengelola objek wisata alam Hutan Pinus Mangunan menggunakan tujuh bentuk bauran promosi yaitu, periklanan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut, dan penjualan personal.

 

Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Objek Wisata Hutan Pinus Mangunan

 

ABSTRACT

This research aims to describe; Marketing communications strategy for Natural Tourism object of Pine Forest Mangunan for improve visitors tourists. This research was conducted at the Natural Tourism object of Pine Forest Mangunan in Bantul District by using a qualitative approach with descriptive methods. The informants in this research were the chairman of the cooperative Noto Wono as the manager of the Natural Tourism object of Pine Forest Mangunan, the public relation and visitor of the Natural Tourism object of Pine Forest Mangunan. Data was collected by interview and documentation. Data analysis was carried out through the steps of data analysis according to Miles & Huberman such as data reduction, data analysis, and conclusion. The triangulating source was used to check the validity of data in this research. The results of the research showed; Natural Tourism object of Pine Forest Mangunan Managers in conducting marketing communications strategies use a strategy that includes eight steps such as identify the target public, determine the purpose communication, designing message, choosing communication channels, determine the total budget promotions, make a decision on the promotion mix, measure the results of the promotion, manage and coordinate the process of integrated marketing activities. On the promotion mix are advertising, sales promotions, event and experiences, public relations and publicity, direct marketing, word of mouth marketing and personal sales.

 

Keywords: Marketing Communication, Marketing Communication Strategy, Tourism, Natural Tourism object of Pine Forest Mangunan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i1.16821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Samsul Hafid, Dyna Herlina Suwarto

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats