STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA GEREJA AYAM BUKIT RHEMA (WISATA ALAM, RELIGI, KULINER DAN EDUKASI)
Naufal Rezky Rizaldi,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Siti Machmiyah,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) strategi komunikasi pemasaran objek wisata Gereja Ayam Bukit Rhema 2) usaha pengelola objek wisata Gereja Ayam Bukit Rhema dalam menyebarkan edukasi dan toleransi umat beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini sesuai dengan langkah-langkah strategi komunikasi pemasaran dalam kajian Agus Hermawan yaitu a) khalayak sasaran objek wisata Gereja Ayam Bukit Rhema yaitu wisatawan domestik; b) tujuannya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan mengenalkan konsep empat wisata (alam, religi, kuliner dan edukasi); c) pesan dilakukan secara intensif dengan mengunggah post dan story di media sosial; d) saluran personal yang digunakan adalah melalui pameran dan tim yang disediakan di pintu masuk sedangakan saluran non personal adalah melalui media online seperti website dan sosial media dan juga melalui media siaran e) anggaran promosi ditetapkan dengan metode tujuan dan tugas; f) bauran promosi yang digunakan yaitu periklanan, promosi penjualan, acara, humas & publisitas, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal; g) mengukur hasil promosi dilakukan dengan melihat data penjualan; h) mengoordinasi proses komunikasi yang terintegrasi, dilakukan oleh bagian pemasaran.
Kata kunci: komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, toleransi, pariwisata, gereja ayam bukit rhema
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.