STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS KABUPATEN KLATEN DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF PEMERINTAH
Bambang Setyomoko,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Suranto Aw,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi media relations Humas Kabupaten Klaten dalam membangun citra positif pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian Humas Klaten, Kepala Sub Bagian Pembinaan Informasi dan Publikasi (PIP), Staf Pemberitaan dan Wartawan Solopos. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model Miles & Hubberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas Kabupaten Klaten dalam melaksanakan strategi media relations sudah menerapkan enam strategi sebagai berikut: 1) Melayani media, 2) Membangun reputasi sebagai pihak yang dapat diandalkan, 3) Menyediakan salinan yang baik, 4) Bekerjasama dalam penyediaan materi, 5) Menyediakan fasilitas verifikasi, 6) membangun hubungan pribadi dengan media. Simpulan dari penelitian ini adalah Humas Kabupaten Klaten sudah menerapkan enam strategi tersebut, akan tetapi terdapat dua strategi yang belum dilakukan secara optimal yaitu melayani media dan menyediakan fasilitas verifikasi.
Kata kunci: Strategi media relations, Citra positif, Humas Kabupaten Klaten
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.