KOMUNIKASI PERSUASIF SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENATA PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN KEBUMEN
Aditya Pradana,
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Pratiwi Wahyu Widiarti,
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Satpol. PP Kabupaten Kebumen dalam melakukan komunikasi persuasif pada PKL, mengetahui hambatan dan mengetahui solusi komunikasi persuasif pada PKL. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini yaitu Kasi Opsdal dan Kasi Binluhwas Satpol. PP Kebumen serta PKL di Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Satpol. PP Kebumen melakukan komunikasi persuasif kepada PKL dengan cara (1) Patroli cantik (2) Pendekatan informal (3) Kerja sama. Faktor penghambat (1) PKL tidak memperhatikan komunikasi yang dilakukan Satpol. PP (2) Prasangka buruk beberapa PKL. Solusi (1) menggunakan strategi komunikasi persuasif yang baru (2) Lebih mendekatkan diri pada para PKL dengan cara mempersuasi.
Kata Kunci : komunikasi, persuasif, hambatan komunikasi persuasif
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.