STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN WISATA PANTAI MENGANTI

Nurhalimah Nurhalimah, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Pratiwi Wahyu Widiarti, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam mengembangkan wisata Pantai Menganti. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Informan utama adalah Ketua Pengelola dan Pokja Pemasaran, informan pendukung adalah pengunjung objek wisata Pantai Menganti. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan Pantai Menganti berupa pantai berpasir putih, perbukitan hijau, susur laut, surfing dan tebing karst. Pantai Menganti menerapkan konsep one ticket dengan harga sebesar Rp. 12.500,-. Jalan menuju Pantai Menganti sudah bagus dengan jalan beraspal, tetapi akses jalan sulit dilalui karena banyaknya tanjakan dan turunan yang curam. Strategi kegiatan promosi meliputi delapan langkah yaitu khalayak yang dituju adalah agen travel dan keluarga, tujuan dari komunikasi pemasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan pendapatan, rancangan pesan dibuat berupa pesan menarik guna menarik perhatian wisatawan, saluran komunikasi personal menggunakan pameran dan festival, komunikasi nonpersonal menggunakan media cetak dan media sosial, anggaran promosi tidak ditentukan disetiap bulannya karena kegiatan promosi berbeda-beda, bauran promosi terdiri dari periklanan, penjualan personal, pemasaran dari mulut ke mulut, dan promosi penjualan, tolak ukur keberhasilan promosi dilihat dari jumlah tiket yang terjual, dan komunikasi pemasaran objek wisata Pantai Menganti dikelola oleh Pokja Pemasaran.

Kata kunci: Strategi,  komunikasi pemasaran, Pantai Menganti.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i3.16314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurhalimah Nurhalimah, Pratiwi Wahyu Widiarti

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats