PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM TERHADAP KEPUASAN HIDUP
Safina Rahma,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Dyna Herlina Suwarto,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan hidup. Pada penelitian ini, aspek-aspek dari motif penggunaan second account Instagram dianalisis satu per satu pengaruhnya terhadap kepuasan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2016-2018 yang memiliki akun utama dan second account Instagram. Setelah dilakukan pra survei, ditemukan populasinya yaitu sebesar 94 orang sehingga tidak dilakukan penarikan sampel. Hasil penelitian ini yaitu bahwa tidak ada pengaruh dari motif penggunaan second account Instagram terhadap kepuasan hidup karena angkanya sangat kecil yaitu 0,2%. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada masing-masing aspek, ditemukan empat aspek yaitu pengetahuan tentang orang lain, keren, interaksi sosial, dan hiburan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan hidup. Aspek lainnya yaitu dokumentasi serta eksperimen dengan media baru dan hobi memiliki pengaurh negatif terhadap kepuasan hidup. Sedangkan aspek kreativitas, ekspresi diri visual, dan penyampaian opini tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan hidup.
Kata kunci: media sosial, Instagram, second account, motif, kepuasan hidup, Uses and Gratifications
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.