Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen media komunitas Sleman Football. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah web media komunitas Sleman Football. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah milik Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Pada tahap perencanaan, pelaksanaan tujuan awal sudah terealisasi dengan baik, hal ini terlihat dari terlaksana tujuan pelayanan dan tujuan personal Sleman Football. (2) Tahap pengorganisasian, Sleman Football telah membentuk divisi kerja untuk memudahkan produksi konten sesuai bidang kerja. (3) Tahap pengarahan pada komuitas Sleman Football adalah komunikasi lewat rapat rutin setiap hari Selasa dan motivasi untuk berkontribusi bagi PSS Sleman menjadi hal yang berpengaruh bagi kinerja anggota. (4) Tahap pengawasan pada dilakukan terhadap konten artikel oleh pemimpin redaksi sebelum diunggah ke web. (5) Proses pembuatan program pada media komunitas Sleman Football dimulai dari mengelola produksi, mempromosikan hasil, manajemen keuangan, mengelola manusia dilakukan dalam sistem kerja yang terkoordinasi.
Copyright (c) 2019 Nur Rahmat Gunawan, Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.