STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA PUNTHUK SETUMBU

Eva Zulaefa, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suranto Aw, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Badan Pengelola Wisata Alam dan Sunrise Punthuk Setumbu dalam mempromosikan objek wisata Punthuk Setumbu; 2)  media yang digunakan untuk mempromosikan objek wisata Punthuk Setumbu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di objek wisata Punthuk Setumbu, Kabupaten Magelang. Informan penelitian adalah bagian pemasaran, ketua pengelola dan pengunjung objek wisata Punthuk Setumbu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengelola objek wisata Punthuk Setumbu dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran, menggunakan strategi yaitu a) khalayak sasaran objek wisata Punthuk Setumbu yaitu wisatawan nusantara dengan segmen fotografer dan wisatawan usia 16-30 tahun b) tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kunjungan wisatawan, membangun brand awaraness dan meningkatkan pendapatan, c) pesan yang disampaikan melalui media cetak yaitu berupa informasi fasilitas dan foto-foto, sedangkan media sosial dengan mengajak wisatawan tag foto ke akun instagram Punthuk Setumbu d) saluran personal berupa pameran dan promosi langsung ke tour guide dan driver,sedangkan saluran non personal melalui media cetak dan media elektronik e) anggaran promosi ditetapkan dengan metode tujuan dan tugas, f) bauran promosi yang digunakan yaitu periklanan, promosi penjualan, acara & pengalaman, humas & publisitas, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal, g) mengukur hasil promosi dilakukan dengan melihat data kunjungan wisatawan, h) dalam mengkoordinasi proses komunikasi yang terintegrasi, semua dilakukan oleh bagian pemasaran. 2) media yang digunakan untuk mempromosikan objek wisata Punthuk Setumbu adalah media cetak, media elektronik dan media sosial.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Promosi Pariwisata, Punthuk Setumbu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i1.15797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eva Zulaefa, Suranto Aw

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats