ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SINDUADI FITNESS CENTRE (SFC) SEBAGAI TEMPAT BEROLAHRAGA

Dwi Okto Panuntun,

Abstract


ABSTRAK
Olahraga kesehatan merupakan sebuah aktivitas yang bertujuan untuk menjaga tubuh tetap berada
dalam kondisi sehat dan bugar. Jenis olahraga kesehatan yang mendukung kesehatan dan kebugaran dalam
menjaga tubuh salah satunya adalah dengan berolahraga fitness. Semakin berkembangnya tingkat
kehidupan masyarakat, berkembang juga minat masyarakat dalam memilih./itness centre. Oleh sebab itu.
proses pengambilan keputusan sebelum memilih tempat fitness dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara
lain: motivasi, lokasi, dan promosi. Dalam pelaksanaan keputusan memilih tersebut, masih belum
diketahui faktor pengaruh apa saja yang paling berpengaruh terhadap member mengenai keputusan
memilihjitness centre. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, lokasi, dan promosi
baik secara paJ·sial dan serempak terhadap keputusan memilih Sinduadi Fitness Centre sebagai tempat
bero lahraga
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kuantitatif. Metode
penelitian asosiatif kuantitatif dirancang untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan
metode survey. Subjek dalam penelitian adalah member atau anggota terdaftar di Sinduadi Fitness Centre
pada TalllU1 2016. Teknik pengambilan data dalam penelitian menggunakan instrumen berupa angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi, lokasi, dan promosi secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih Sinduadi Fitness Centre, serta secara
simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan. Hal tersebut dilihat dari hasil penelitian
yang menunjukan koefisien determinasi 0,655 yang berarti bahwa 65,5% variabel motivasi, lokasi, dan
promosi berpengaruh terhadap keputusan memilih Sinduadi Fitness Centre, dan sisanya sebesar 34,5%
dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: motivasi, tokasi, promosi, pengambilan keputusan
ANALYSIS OF MOTIVATION, LOCATION, AND PROMOTION EFFECTS TOWARDS
DECIDING SINDUADI FITNESS CENTRE (SFC) AS SPORT VENUE
Abstract
Health sport is an activity that aims to keep the body stay healthy and fit. One of the exercises that
supports the body become healthy and fit is by fitness exercise. The growing level of public life also
emerges public interest in choosing a fitness centre. Therefore, the decision-making process before
choosing where to do fitness exercise is influenced by various factors, such as: motivation, locations, and
promotions. The decision making process to choose is still unknown what the most influential factors are
of any factors of the members of a fitness centre. This study aims to determine the effect of motivation, the
location, and the promotion of both pm1ially and simultaneously towards the decision of choosing Sinduadi
Fitness Centre as the place to fitness exercise.
The research used in this research was associative quantitative. Associative quantitative research
methods were designed to determine the relationship between two or more variables with survey method.
The subjects in the study were registered of Sinduadi Fitness Centre members in 2016. The data collection
teclulique in the research was done by using questionnaire instrument.
The results show that the variables of motivation, location, and promotion partially positive and
significantly influence the decision to choose Sinduadi Fitness Centre, as well as affect simultaneously or
Jlositive and significant. It is proven from the results of research that show the determination coefficient
0.655, which means that 65.5% of motivation, locations, and promotion variables influence the decision to
choose Sinduadi Fitness Centre, and the remaining 34.5% is influenced by other factors.
Keywords: motivation, location, promotion, decision-making

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.