KONTRIBUSI SELF-REGULATED LEARNING SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi Motivasi terhadap
Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul (2) Kontribusi Metakognisi
terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul (3) Kontribusi Perilaku terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul (4) Kontribusi Self-Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 65 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa yang diambil berdasarkan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas, heteroskedastisitas dan multikolineritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3
Bantul yang dibuktikan dari nilai R sebesar 0,675 yang bernilai positif dan R2 sebesar 0,456 menunjukkan bahwa Motivasi memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 45,6. (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Metakognisi terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul yang dibuktikan dari nilai koefisien korelasi R sebesar 0,589 yang bernilai positif dan R2 sebesar 0,347 menunjukkan bahwa Metakognisi memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 34,7%. (3) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Perilaku terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul yang dibuktikan dari R sebesar 0,609 yang bernilai positif dan R2 sebesar
0,371 menunjukkan bahwa Perilaku memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 37,1%. (4) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Self-Regulated Learning (Motivasi, Metakognisi, dan Perilaku) terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul yang dibuktikan dari nilai R sebesar 0,759 yang bernilai positif dan koefisien R2 sebesar 0,575 menunjukkan bahwa Self-Regulated Learning memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 57,5%.
Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul (2) Kontribusi Metakognisi
terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul (3) Kontribusi Perilaku terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul (4) Kontribusi Self-Regulated Learning terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 65 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa yang diambil berdasarkan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas, heteroskedastisitas dan multikolineritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3
Bantul yang dibuktikan dari nilai R sebesar 0,675 yang bernilai positif dan R2 sebesar 0,456 menunjukkan bahwa Motivasi memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 45,6. (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Metakognisi terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul yang dibuktikan dari nilai koefisien korelasi R sebesar 0,589 yang bernilai positif dan R2 sebesar 0,347 menunjukkan bahwa Metakognisi memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 34,7%. (3) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Perilaku terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul yang dibuktikan dari R sebesar 0,609 yang bernilai positif dan R2 sebesar
0,371 menunjukkan bahwa Perilaku memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 37,1%. (4) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Self-Regulated Learning (Motivasi, Metakognisi, dan Perilaku) terhadap Prestasi Belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul yang dibuktikan dari nilai R sebesar 0,759 yang bernilai positif dan koefisien R2 sebesar 0,575 menunjukkan bahwa Self-Regulated Learning memberikan kontribusi terhadap Prestasi Belajar Geografi siswa sebesar 57,5%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1