PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI SUMBER DAYA ALAM BAGI SISWA SMA/MA

Nurul Fatihah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penilaian multimedia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran geografi; 2) mengetahui kelayakan multimedia sebagai media pembelajaran geografi pada materi sumber daya alam untuk siswa kelas XI berdasarkan validasi dan uji coba. Penelitian dan pengembangan, dengan responden uji coba perorangan sebanyak 2 siswa, uji coba kelompok kecil sebanyak 4 orang dan uji coba lapangan sebanyak 23 siswa di MAN Yogyakarta II. Teknik penelitian menggunakan model penelitian dan engembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data digunakan analisis menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ahli materi geografi menilai untuk aspek kualitas materi dan kualitas pembelajaran dengan rerata skor sebesar 3,88 dan 3,92. Ahli media pembelajaran geografi menilai aspek pemrograman dan tampilan dengan rerata skor 4,13 dan 4,32. Praktisi pembelajaran geografi menilai aspek kualitas materi dan kualitas pembelajaran dengan skor 4,13 dan 4. Penilaian siswa pada uji coba perorangan yakni aspek keterlaksanaan menilai dengan skor 3,67, sedangkan kelompok kecil menilai aspek keterlaksanaan dengan rerata skor 4,11. Rata-rata hasil pre test uji coba lapangan menunjukkan skor 4,12 dan post test 88; 2) secara umum media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak dikembangkan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1