HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL GEOGRAFIS DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMAN 1 SEWON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir spasial geografis dan
2) menganalisis hubungan kemampuan berpikir spasial geografis dengan hasil belajar geografi siswa kelas
XII IIS SMAN 1 Sewon tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 108 siswa. Jumlah
sampel dihitung menggunakan metode Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh
84 sampel dan ditentukan dengan porposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi Product Moment
Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir
spasial geografis dalam kategori sedang dengan nilai 65,13. 2) Hasil analisis data menunjukkan bahwa
semakin tinggi kemampuan berpikir spasial geografis, maka semakin tinggi hasil belajar geografinya,
khususnya nilai hasil belajar pemetaan dan SIG yang ditunjukkan dari nilai r = 0,352 dan signifikasi 0,001.
Kata kunci: kemampuan berpikir geografis, hasil belajar geografi
2) menganalisis hubungan kemampuan berpikir spasial geografis dengan hasil belajar geografi siswa kelas
XII IIS SMAN 1 Sewon tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 108 siswa. Jumlah
sampel dihitung menggunakan metode Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, sehingga diperoleh
84 sampel dan ditentukan dengan porposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi Product Moment
Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir
spasial geografis dalam kategori sedang dengan nilai 65,13. 2) Hasil analisis data menunjukkan bahwa
semakin tinggi kemampuan berpikir spasial geografis, maka semakin tinggi hasil belajar geografinya,
khususnya nilai hasil belajar pemetaan dan SIG yang ditunjukkan dari nilai r = 0,352 dan signifikasi 0,001.
Kata kunci: kemampuan berpikir geografis, hasil belajar geografi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Geo Educasia - S1