PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKATIF UNTUK ANAK TK KELOMPOK B DI TK ABA AL-FURQON KOTA YOGYAKARTA

Renata Putri Utami, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media ular tangga edukatif yang menarik dan
layak digunakan dalam pembelajaran anak Taman Kanak-kanak kelompok B. Subtema binatang
digunakan sebagai isi materi media ular tangga edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Prosedur pengembangan media ular tangga edukatif yang dilakukan oleh peneliti yaitu:
analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji coba dan revisi. Setelah
melalui tahap produksi, maka dihasilkan produk awal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli
media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui dua tahap, yaitu: uji coba terbatas yang
terdiri dari 4 anak dan uji coba luas yang terdiri dari 20 anak. Subjek uji coba produk adalah siswa Taman
Kanak-kanak kelompok B TK ABA Al-Furqon Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan saat uji coba melalui
lembar observasi, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga edukatif termasuk dalam kategori layak
ditinjau berdasarkan aspek pembelajaran dan aspek tampilan. Aspek pembelajaran merupakan penilaian
dari kesesuaian materi yang disajikan dengan kurikulum, kompetensi dan karakteristik anak TK
kelompok B sedangkan aspek tampilan merupakan penilaian dari segi kesesuaian bentuk, desain, dan
bahan media yang digunakan dengan karakteristik anak TK kelompok B. Hasil validasi ahli materi dan
ahli media menunjukkan bahwa aspek pembelajaran dan aspek tampilan termasuk dalam kategori sangat
baik. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa aspek pembelajaran dan aspek tampilan masuk
kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka media ular tangga edukatif layak
digunakan sebagai sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter