PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TARI SURAKARTA UNTUK SISWA KELAS DELAPAN SMP N 2 GANTIWARNO

Chandra Adhitama, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak dalam pembelajaran Tari Surakarta dengan materi Tari Gambyong Pareanom untuk siswa kelas VIII SMP N 2 Gantiwarno Klaten. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 2 Gantiwarno yang terdiri dari 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia berbasis macromedia flash dalam pembelajaran Tari Surakarta dengan materi Tari Gambyong Pareanom. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, panduan wawancara dan angket kelayakan multimedia. Data hasil dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran Tari Surakarta yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dari uji lapangan dinyatakan layak. Validasi ahli media dilakukan sebanyak 2 tahap. Aspek yang dinilai adalah tampilan, pemrograman, dan pembelajaran. Validasi ahli materi hanya dilakukan satu tahap dengan penilaian kriteria skor rata-rata sangat baik dan tidak terdapat masukan untuk merevisi produk multimedia. Tiga aspek yang dinilai pada tahap validasi ahli materi yaitu materi, kesesuaian konsep dan pembelajaran. Uji lapangan dilakukan tiga kali yakni uji coba lapangan awal, uji coba lapangan dan uji pelaksanaan. Uji coba lapangan awal melibatkan 4 orang siswa dari kelas VIII B. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh skor 4,7 dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan melibatkan 15 orang siswa kelas VIII B. Hasil uji coba lapangan diperoleh skor 4,6 dan dikategorikan sangat baik. Uji pelaksanaan lapangan melibatkan seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil uji pelaksanaan lapangan diperoleh skor 4,5 dengan kriteria sangat baik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter