PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MELAKSANAKAN SHOLAT UNTUK SISWA KELAS IV SDN LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA

Anisa Nanindra Mahastrajaya, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran PAI
materi Melaksanakan Sholat yang layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IV SDN
Lempuyangwangi, Yogyakarta. Teknik dan pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dokumentasi,
dan angket. Analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penilaian produk oleh ahli
materi yang meliputi aspek pembelajaran dan aspek materi bahwa multimedia pembelajaran interaktif dinyatakan
“baik” (4,11) dan penilaian produk oleh ahli media yang meliputi aspek tampilan dan aspek pemrograman
diperoleh hasil “sangat baik” (4,46). Pada hasil uji coba lapangan awal didapatkan hasil “layak” (91%), pada hasil
uji coba lapangan diperoleh hasil “layak” (97,2%), dan pada hasil uji coba pelaksanaan lapangan diperoleh hasil
“layak” (98,9%). Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran PAI dikatakan
“layak” sebagai media pembelajaran bagi kelas IV SDN Lempuyangwangi, Yogyakarta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter