PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KARANGMLOKO 2
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui data empirik mengenai tingkat kelayakan multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penilaian ditinjau dari beberapa aspek, seperti aspek tampilan, aspek program, aspek pembelajaran dan aspek isi/materi. Model pengembangan yang digunakan mengadopsi model pengembangan ADDIE menurut Molenda. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta uji coba kepada siswa kelas V melalui lembar penilaian berupa kuisioner. Data hasil penilaian ahli dan penilaian siswa dianalisis menggunakan skala lima. Rerata skor yang didapatkan dari ahli media dan ahli materi termasuk dalam kategori baik. Uji coba lapangan 1 termasuk ke dalam kategori baik dan uji coba lapangan 2 mendapatkan rerata skor yang dikonversikan ke tingkat kelayakan multimedia pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan hasil pengembangan multimedia pembelajaran materi sistem peredaran darah pada manusia mata pelajaran IPA dikatakan layak digunakan oleh siswa kelas V sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.