EVALUASI PROGRAM GURU PEMBELAJAR MODA KOMBINASI JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KLATEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan program guru pembelajar moda kombinasi jenjang SD di Kabupaten Klaten melalui komponen konteks, masukan, proses dan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu penyelenggara, instruktur dan peserta program. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa, aspek kontesk, yaitu latar belakang adalah merealisasikan kebutuhan pembinaan dan pengembangan profesi guru dan tujuan program yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru serta nilai UKG. Aspek masukan, yaitu kompetensi instruktur telah kompeten. Kompetensi peserta, telah bagus. Kurikulum program telah relevan. Sarana prasarana memenuhi kebutuhan program. Data informasi cukup lengkap. Aspek proses meliputi strategi pelaksanaan, kinerja instruktur telah sesuai standar. Aktivitas peserta, kesulitan dari teknologi informasi. Penjadwalan tidak sesuai. Evaluasi pembelajaran kuranng sesuai. Aspek produk yaitu dampak yang ditimbulkan adalah adanya peningkatan skor UKG peserta dan ilmu pengetahuan teknologi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.