MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Firda Amalia, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing di kelas IV SD Sunggingsari Parakan Temanggung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Sunggingsari kecamatan Parakan kabupaten Temanggung yang berjumlah 22 anak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Sunggingsari adalah dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar peserta didik pada keadaan awal peserta didik sebanyak 4 peserta didik (18,18%), pada siklus I sebanyak 12 peserta didik (54,54%), dan pada siklus II sebanyak 22 peserta didik (100,00%). Capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus I memiliki nilai mean sebesar 53,64; capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 68,64; capaian nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 86,36.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter