PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF MATA KULIAH PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNY
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Buku Digital Interaktif Mata Kuliah Pengembangan E-Learning yang layak pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan Alessi & Trollip, kemudian untuk menentukan jumlah responden, peneliti mengadopsi tahap evaluasi formatif dari Atwi Suparman. Langkah penelitian terdiri dari 9 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan yang dikolaborasikan dengan tahap perencanaan dari Alessi & Trollip, pengembangan produk awal yang dikolaborasikan dengan tahap perancangan dan pengembangan dari Alessi & Trollip, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, revisi produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hasil penilaian kelayakan ahli materi sebesar 3,16 (kategori layak) dan pada ahli media sebesar 3,09 (kategori layak). Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh skor sebesar 0,77 (kategori layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 0,94 (kategori layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 0,97 (kategori layak). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Buku Digital Interaktif dinyatakan layak sebagai sumber belajar bagi mahasiswa Teknologi Pendidikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.