PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD N SABDODADI KEYONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Perbaikan proses pembelajaran meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data berupa lembar hasil observasi diolah dengan analisis kualitatif, sedangkan data berupa hasil tes diolah dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas siswa dan memperbaiki proses pembelajaran. Siswa mulai berani untuk berpendapat, bertanya, dan memberi saran dengan bimbingan guru. Siswa mulai mampu mengkonstruksi pengetahuannya. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 6,92 pra tindakan menjadi 7,25 setelah siklus I dan 8,14 pada siklus II. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM juga mengalami kenaikan dari 28,57% pra tindakan menjadi 42,86% pada siklus I dan 71,42 % pada siklus II.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.