PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TEMATIK UNTUK SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Priyo Dwi Prayogo,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif Tematik
subtema Macam-Macam Sumber Energi yang layak digunakan untuk siswa di kelas IV SD
Muhammadiyah Condongcatur sebagai salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi
dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh
dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi,2)
perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5)
revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan
lapangan, dan 9) revisi produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman
wawancara, angket, dan observasi, Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli
materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan siswa dianalisis
dengan konversi skala lima.
Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,4 dengan kriteria sangat
baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,5 dengan kriteria sangat
baik, dan rata-rata penilaian pada uji pelaksanaan lapangan adalah 4,8 dengan kriteria sangat
baik. Sehingga secara keseluruhan produk multimedia pembelajaran Tematik hasil
pengembangan dikatakan layak sebagai sumber belajar pembelajaran Tematik subtema
Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur.
Kata Kunci: Multimedia pembelajaran, Pembelajaran Tematik, Siswa kelas IV SD.
Abstract
This research aims to produce interactive multimedia products Thematic subtema
Kinds viable energy source used for students in the fourth grade Muhammadiyah
Condongcatur as a source of learning in the learning process.
This research is the development of adapted and modified from the ten steps of
research and development Borg and Gall. Steps to be taken in development research are: 1)
the initial research and information gathering, 2) development planning, 3) early product
development, 4) field trials beginning, 5) revision of the test results, 6) field trials, 7) revision
of the results of field trials, 8) test the implementation of the field, and 9) the revision of the
final product. The research instrument used is interview, questionnaire, and observation,
Feasibility products are based on the results of expert assessment of materials, media experts,
and students as users. Data from the questionnaire were analyzed by experts and students
conversion scale of five.
Results of the assessment of materials experts to get an average score of 4.4 with the
criteria very well. Results of the assessment of media experts to get an average score of 4.5
with the criteria very well, and the average assessment on the implementation of field trials
was 4.8 with the criteria very well. So overall Thematic learning multimedia product is
feasible as a result of the development of learning resources Thematic learning subtema
Various Kinds of Energy Sources in fourth grade Condongcatur Muhammadiyah.
Keywords: Multimedia learning, Learning Thematic, fourth grade students.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter