PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO CERDIKTERA TERHADAP PEMAHAMAN KARAKTER TOLERASI DAN PEDULI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PKN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VIIIA MTSLB YAKETUNIS

Wiwiet Sukmawati,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio
Cerdiktera terhadap pemahaman karakter siswa tunanetra kelas VIIIA di MTsLB Yaketunis
Yogyakarta. Sesuai dengan tujuan, peneliti menggunakan quasi eksperiment dengan
menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas
VIIIA MTsLB Yaketunis yang berjumlah tiga siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan
teknik tes hasil belajar dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik nonparametrik
dengan tes tanda untuk tes hasil belajar dan hasil observasi dianalisis dengan
deskriptif kuantitatif. Hasil analisis yang meggunakan tes tanda menunjukkan bahwa p hitung
0,0031 lebih kecil dari p 0,005, sehingga dikatakan bahwa media audio Cerdiktera
mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep karakter bagi siswa tunanetra kelas VIIIA
MTsLB Yaketunis. Pemahaman siswa dapat dilihat dari siswa mampu mendeskripsikan,
menyebutkan contoh, menjelaskan karakter toleransi dan peduli sosial selama proses
pembelajaran menggunakan media audio Cerdiketra. Siswa mampu menerapkan karakter
toleransi dan peduli sosial yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa
dapat mencapai aspek pemahaman yang baik dengan mengaplikasikan materi toleransi dan
peduli sosial yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Cerdiktera, pemahaman karakter toleransi dan peduli sosial, siswa tunanetra
Abstract
This research aims to observe effect of using Cerdiktera audio towards MTsLB Yaketunis
class VIIIA student’s characters understanding. As the stated objective, author uses quasiexperiment
with one group pre-test post-test design. This research’s subjects are MTsLB
Yaketunis students in class VIIIA, which totals of three students. Data collection are held
using study-result test and observation techniques. Used data analysis are non-parametric
statistic with sign test for study-result test and quantitative analysis for observation result.
Analysis result which use sign test showed that p is 0,0031 less than p 0.005, hence we can
conclude that Cerdiktera audio usage has significant effect towards characters understanding
concept for blind student of class VIIIA in MTsLB Yaketunis.
Student’s understanding can be seen by their ability to describe, mention examples, explain
tolerance and social concern characters during learning-studying process using Cerdiktera
audio as media. Students are able to implement tolerance and social concern characters that
have been learned to their daily life, so students can achieve better understanding aspect by
applying tolerance and social concern lesson to their daily life.
Keywords: Cerdiktera, tolerance and social concern character understanding, blind student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter