PELAKSANAAN PROGRAM ENGLISH CAMP TAHFIZDQU DI RUMAH TAHFIZDQU DERESAN YOGYAKARTA

Eva Dian Nuranggraeni,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai bagaimana pelaksanaan program English Camp TahfizdQu mulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat program English Camp di Rumah TahfizdQu.
Pendekatan penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah penyelenggaran program, dan pendidik di Rumah TahfizdQu. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Oktober 2014 sampai Maret 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal perencanaan pembelajaran pendidik mempersiapkan perencanaan telah disesuaikan oleh kebutuhan peserta didik dan silabus, tetapi rencana pelaksanaan pembelajaran hanya dibahas secara lisan dengan mengadakan pertemuan tanpa menyusun secara tertulis. Kemudian proses pembelajaran yang terdiri dari; 1) kegiatan pendahuluan pendidik mempersiapkan fisik dan mental peserta didik guna untuk membangkitkan motivasi belajar, dengan memberikan ilustrasi cerita sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran; 2) kegiatan inti mengutamakan partisipasi peserta didik, bersifat interaktif, insipratif, dan menyenangkan dengan menggunakan metode serta pemanfaatan media sesuai kebutuhan peserta didik; 3) kegiatan penutup melakukan review, merefleksikan materi dengan kehidupan sehari-hari, mengulang materi yang disampaikan dengan praktik mengucapkan tanpa memyimpulkan suatu rangkuman/ kesimpulan kemudian mengakhiri. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara tes dan non tes dilihat dari proses dan akhir pembelajaran, aspek yang dinilai dalam program pembelajaran yaitu menguatamakan aspek kognitif berupa keberanian dan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Program English Camp Tahfizdqu
Abstract
This research aims to describe and find out more how is the implementation of learning program English Camp TahfizdQu in Rumah TahfizdQu starting for is the planning of learning, the learning process, and the learning evaluation. The research approach used is descriptive qualitative. The subjects of this research is program organizers and educators in Rumah TahfizdQu. Data collection took place from October 2014 until March 2015. Engineering data collection done with observation, interviews, and documentation. The test validity of the data using triangulation of sources and methods.
Research result shows that in the planning of learning educators prepare the planning has been adjusted by the needs of learners and the syllabus, but learning implementation plan only discussed verbally with a meeting without drawing up a written. Then the learning prosess which consists of; 1) preliminary activities already meet the initial steps with preliminary activities which aims to physically and mentally prepare learners in order to generate learning motivation, by giving the story in a accordance with learning plans; 2) core learning activities that prioritizes the participation of learners, are interactive, inspiring, fun and challenging by using as well as exploiting media needs learners; 3) closing activities do a review, reflect material with everyday life, repeat the material presented with practice to pronounce without concluded a summary or conclusion then ended, it’s mostly meet the characteristics of closing activities. The evaluation of learning was conducted by means of test and non-test seen from the process and the end of learning, aspects that are judged in a learning program that is give priority to this aspect of courage and confidence in speaking English.
Keywords:Implementation of the learning, English Camp TahfizdQu programs

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter