PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF JEPANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA SMA NEGERI 4 MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Kartu Huruf Jepang yang layak digunakan siswa SMA Negeri 4 Magelang, sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Jepang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Penelitian ini menggunakan langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk operasional, 8) uji coba lapangan operasional, dan 9) hasil produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan wawancara dan angket kelayakan media huruf Jepang. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna kemudian data hasil angket kelayakan media dianalisis dengan konversi skala likert.
Dilihat dari semua indikator penilaian kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan, Media Kartu Huruf Jepang dikatakan “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Jepang dan memperoleh hasil akhir indikator penilaian yaitu “Sangat Baik” (SB). Penilaian yang didapatkan, meliputi penilaian dari ahli materi pelajaran Bahasa Jepang dengan kriteria sangat baik (4,72), penilaian dari ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat baik (4,21), uji coba lapangan awal memperoleh penilaian sangat baik (4,55), uji coba lapangan utama memperoleh penilaian sangat baik (4,68) dan uji coba lapangan operasional memperoleh penilaian sangat baik (4,325).
Kata kunci: kartu hururf jepang, media pembelajaran, Bahasa Jepang
Abstract
This study aims to produce instructional media decent Japanese Alphabet Cards used student State Senior High School 4 Magelang, as a medium of learning in Japanese subjects.
This type of research is Research and Development. This study used measures of research and development Borg and Gall. Steps taken in the development of this research are: 1) the initial research and information gathering, 2) development planning, 3) early product development, 4) early trials, 5) major product revisions, 6) main trials, 7) revision of operational products, 8) operational trials, and 9) the results of the final product. The research instrument used is a guide media interviews and questionnaires feasibility Japanese characters. The feasibility of the product is based on the results of expert assessment of materials, media experts, and students as users of the data then analyzed media eligibility questionnaire with Likert scale conversion.
Judging from all the feasibility assessment indicators developed instructional media as a whole, Media Card Japanese letters said to be "worth it" to be used in the Japanese language learning process and obtain the final results of the assessment indicators of "Very Good". Assessment obtained, include an assessment of the subject matter of Japanese experts with the criteria very well (4.72), assessment of learning media experts with a very good criterion (4.21), field trials beginning earn excellent ratings (4.55) , major field trials to obtain excellent ratings (4.68) and operational field trials to obtain excellent ratings (4.325).
Keywords: Japanese alphabet card, instructional media, Japanese
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.