PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI DELANGGU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran
IPS siswa kelas V SDN 1 Sribit Delanggu Klaten dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan beberapa
tahap, yaitu: penelitian tindakan, rencana tindakan siklus I, pelaksanaan tindakan siklus I, observasi
siklus I dan refleksi siklus I. Setelah siklus I selesai lalu dilanjutkan rencana tindakan siklus II,
pelaksanaan tindakan siklus II, observasi siklus II dan refleksi siklus II. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN 1 Sribit Delanggu yang berjumlah 17 siswa.Data hasil penelitian dianalisis dengan
teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan
keaktifan siswa. Penilaian keaktifan siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 33,56dengan kategori
cukup dan pada siklus II dapat meningkat dengan rata-rata 46,83 dalam kategori baik.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament
Abstract
The aim of this research is to investigate the improvement of the students’ activeness in social
learning of the 5 graders at SDN 1 Sribit Delanggu Klaten by using TGT type. The research belongs
as the Class Action Research by doing some steps. There are action research, plan for the 1 cycle
action, the implementation of the 1 cycle, observation for the 1 cycle and the reflection for the 1
cycle. After finishing the 1 cycle is continued by planning the 2 cycle, the implementation of the
2 cycle, observation for the 2 cycle and the reflection for the 2 cycle. The subject of this
research is 17 students from the 5 graders of SDN 1 Sribit Delanggu Klaten. Thus, quantitative
descriptive technique is employed to analyze the data.This study shows that there is an improvement
of students’ activeness. Rating on the students’ activeness in the 1cycle get 33,56 on average
categorized as quite good and improve again in the 2 cycle by getting 46,83 on average
categorized as good.
Keywords: cooperative learning model by using Team Games Tournament type
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.