PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Vanti Istanti,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA tentang “Perubahan
Kenampakan Bumi dan Benda Langit” yang layak bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian
pengembangan ini mengadaptasi dan memodifikasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg
and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan
data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba
awal, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas
IV SD Negeri Sinduadi 2, dengan dua tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 3
subjek, dan uji coba lapangan dengan 10 subjek. Teknik dan pengumpulan data mengggunakan wawancara,
observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian
menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi
tujuh langkah. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi dengan rata-rata skor 4,32 dengan
kriteria sangat baik dan penilaian dari ahli media mendapatkan hasil rerata 4,71 dengan kriteria sangat baik.
Hasil penilaian pada uji coba lapangan awal mendapatkan persentase 92,59% dengan kriteria layak dan hasil
uji coba lapangan diperoleh persentase 98,89% dengan kriteria layak. Sehingga secara keseluruhan modul
IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat
digunakan secara mandiri oleh siswa.
Kata Kunci: Modul, IPA, SD
Abstract
The research aims to generate science learning module about “changes the appearance of the earth
and celestial bodies” viable for grade 4 elementary school. This study is a research development that adapt
and modify research and development Borg and Gall. Steps taken in developmnet of this research are: 1)
research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary form of product, 4) preliminary
field testing, 5) main product revision, 6) main field testing, 7) operational product revision. Research
instruments used were interview, observation, and questionnaires. Test subjects were students of class IV
domestic elementary school sinduadi 2, with two stages of the implementation of the test is the initial field
trials with 3 subjects and field trial with 10 subjects. Techniques of data collection using interviews,
observation, documentation, and questionnaires. Data analysis using quantitative descriptive method.
Research using the research and development stage Borg and Gall which has been modified into seven steps.
The results showed the expert assesment of material to get a mean score of 4,32 with the criteria very well
and the results of the assessment of the media experts to get a mean score of 4,71 with the criteria very well.
Assesment in early field trials to get the percentage of 92,59% with a decent criteria and the results of field
trials to get the percentage of 98,89 % with a decent criteria, so that the overall product sains module
material changes in the appearance of the earth and celestial bodies is feasible as a result of the
development of materials teaching that can be used independently by students.
Keywords: Module, Sains, Elementary School

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter