PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV DI SDN KLEDOKAN DEPOK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SDN Kledokan Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran PKn dengan model kooperatif tipe Jigsaw dan peneliti sebagai observer. Subjek penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SDN Kledokan Depok yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah kerjasama siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran yang dilakukan tiap pertemuan. Observasi dilakukan oleh dua pengamat yang telah disamakan persepsinya terlebih dahulu. Validitas yang digunakan adalah validitas internal credibility yang dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperaif tipe Jigsaw dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan kerjasama siswa dari kategori kurang meningkat menjadi kategori baik. Kerjasama siswa meningkat secara bertahap pada setiap pertemuan. Hasil observasi siklus I kerjasama siswa yang telah ditunjukkan meliputi komunikasi, menghargai kontribusi, dan mendorong partisipasi. Hasil observasi siklus II keterampilan siswa telah mencapai hasil baik dari semua aspek yang diharapkan yaitu komunikasi, memberi sumbangan ide, menghargai kontribusi, mendorong partisipasi, dan tidak mendominasi kelompok.
Kata kunci: PKn, kerjasama siswa, model kooperatif tipe Jigsaw.
Abstract
This study aims to improve students’ cooperation of fourth grade PKn subject through the application of jigsaw cooperative learning model in SDN Kledokan Depok. This is a classroom action research (classroom action research) which is done in cycle stages includes the planning step, implementation, observation and reflection. This is a collaboration research where the teachers act as the executor in PKn learning with Jigsaw cooperative learning model and the researchers as the observers. The subjects of this classroom action research were the fourth grade students of SDN Kledokan Depok which amounted to 26 students. The Object of this study was the students’ cooperation in PKn subject through the application of jigsaw cooperative learning model. To collecting the data in this research, researcher uses some observation sheets, interview, field note, and some documentation picture of learning activities in every single meeting. The observation has done by two observers who have been likened their perception first. The used validity was internal credibility validity which is conducted with triangulation and member check. The observation result data were analyzed by qualitative descriptive. This observation research shows that the application of jigsaw cooperative learning model in PKn subject could improve the students’ cooperation. That was characterized by the increasing of students’ cooperation from fewer categories to the good category. The students’ cooperation increase regularly in every single meeting. At the first cycle observation result, the shown cooperation includes communication, respecting contribution, and encourages the participation. At the second cycle observation result the students’ skill has reached good result in every single expected aspect, there are communications, ideas contribution, respecting contribution, encourages participation, and not dominate the group.
Keywords: PKn, student collaboration, cooperative model of type Jigsaw.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SDN Kledokan Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran PKn dengan model kooperatif tipe Jigsaw dan peneliti sebagai observer. Subjek penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SDN Kledokan Depok yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah kerjasama siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran yang dilakukan tiap pertemuan. Observasi dilakukan oleh dua pengamat yang telah disamakan persepsinya terlebih dahulu. Validitas yang digunakan adalah validitas internal credibility yang dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperaif tipe Jigsaw dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan kerjasama siswa dari kategori kurang meningkat menjadi kategori baik. Kerjasama siswa meningkat secara bertahap pada setiap pertemuan. Hasil observasi siklus I kerjasama siswa yang telah ditunjukkan meliputi komunikasi, menghargai kontribusi, dan mendorong partisipasi. Hasil observasi siklus II keterampilan siswa telah mencapai hasil baik dari semua aspek yang diharapkan yaitu komunikasi, memberi sumbangan ide, menghargai kontribusi, mendorong partisipasi, dan tidak mendominasi kelompok.
Kata kunci: PKn, kerjasama siswa, model kooperatif tipe Jigsaw.
Abstract
This study aims to improve students’ cooperation of fourth grade PKn subject through the application of jigsaw cooperative learning model in SDN Kledokan Depok. This is a classroom action research (classroom action research) which is done in cycle stages includes the planning step, implementation, observation and reflection. This is a collaboration research where the teachers act as the executor in PKn learning with Jigsaw cooperative learning model and the researchers as the observers. The subjects of this classroom action research were the fourth grade students of SDN Kledokan Depok which amounted to 26 students. The Object of this study was the students’ cooperation in PKn subject through the application of jigsaw cooperative learning model. To collecting the data in this research, researcher uses some observation sheets, interview, field note, and some documentation picture of learning activities in every single meeting. The observation has done by two observers who have been likened their perception first. The used validity was internal credibility validity which is conducted with triangulation and member check. The observation result data were analyzed by qualitative descriptive. This observation research shows that the application of jigsaw cooperative learning model in PKn subject could improve the students’ cooperation. That was characterized by the increasing of students’ cooperation from fewer categories to the good category. The students’ cooperation increase regularly in every single meeting. At the first cycle observation result, the shown cooperation includes communication, respecting contribution, and encourages the participation. At the second cycle observation result the students’ skill has reached good result in every single expected aspect, there are communications, ideas contribution, respecting contribution, encourages participation, and not dominate the group.
Keywords: PKn, student collaboration, cooperative model of type Jigsaw.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.