PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH NGIJON 2, SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS
materi Kerajaan Islam dan Peninggalan Kerajaan Islam yang layak digunakan siswa kelas V SD Muhammadiyah
Ngijon 2, Sleman sebagai sumber bahan ajar dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall.
Langkah yang ditempuh peneliti hanya sembilan langkah yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2)
perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6)
uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, dan 9) revisi produk akhir.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan observasi. Kelayakan produk
didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan
siswa dianalisis dengan konversi skala lima. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,22 dengan
kriteria baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatan rerata skor 4,52 dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata
penilaian pada uji pelaksanaan lapangan 3,91 dengan kriteria baik, sehingga secara keseluruhan produk multimedia
pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS hasil pengembangan dikatakan layak sebagai media pembelajaran IPS
materi Kerajaan Islam dan Peninggalan Kerajaan Islam.
Kata kunci: siswa kelas V SD, multimedia pembelajaran interaktif, pembelajaran IPS
Abstract
This research aims to produce products multimedia interactive learning social science subject matter of
islam and the relics of the islamic kingdom being used student grade V Muhammadiyah Ngijon 2 elementary
shcool, Sleman as a source of teaching materials in learning. This research is the research of the development of
adapted and modified from the ten steps of the research and development of Borg & Gall. Researcher only use 9
steps, namely: 1) research and information collecting, 2) planning development, 3) develop preliminary form of
product, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, 6) main field testing, 7) operational product
revision, 8) operational field testing, and 9) final product revision. Research instrument used is the guideline now,
interview, and observation. The feasibility of the product based on the results of the assessment material expert,
media expert, and students as a user. Expert question form results data and the students analyzed with conversion
scale of five. The assessment of material expert gets a mean score of 4,22 with good criteria. The assessment of
media expert gets a mean score 4,52 with very good criteria, and the average test scores in the operational field
testing 3,91 with good criteria, so that in total multimedia products interactive learning subjects said social class
the result of developing as a medium learning material worthy social class the kingdom of islam and islamic royal
relics.
Keywords: Students primary school class V, Multimedia interactive learning, Learning social class
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.